Ada Minuman Rasa Musik! Bagaimana Rasanya?

By Aisha Safira, Rabu, 16 Agustus 2017 | 06:05 WIB
Alat ini bisa mengubah musik jadi minuman lo! (Aisha Safira)

Ada banyak rasa yang bisa dijadikan minuman. Ada rasa buah-buahan, coklat, bahkan sayur-sayuran. Ada juga, lo, minuman rasa musik. Seperti apa, ya, rasanya?

Siapa yang suka mendengarkan musik? Musik yang kita dengarkan bisa memengaruhi perasaan kita. Kita bisa merasa senang atau pun sedih. Hal ini berarti musik bisa kita rasakan dengan hati. Sebuah perusahaan Jepang bernama The Nomura Open Innovation Lab atau NOMLAB sedang menciptakan sebuah alat ajaib. Alat ini bisa mengubah musik menjadi minuman agar kita bisa merasakannya dengan alat pengecap kita. Namanya adalah Squeeze Music.

Bagaimana Cara Kerjanya?

Pertama, pengguna Squeeze Music harus memilih lagu atau musik melalui layar sentuh pada monitor. Setelah itu, komputer akan berusaha mengenali apa yang dirasakan pengguna saat mendengarkan lagu atau musik tersebut. Perasaan tersebut akan ditampilkan di komputer dalam bentuk gelombang lagu. Komputer pun akan membuat minuman yang sesuai dengan perasaan tersebut.

Setiap Emosi Rasanya Berbeda

Setiap emosi punya rasa yang berbeda-beda, lo. Kalau penggunanya gembira, maka rasa yang akan muncul adalah manis. Kalau senang, rasanya asam. Sedangkan kalau sedih, rasanya pahit. Lagu yang membuat sentimental, akan memunculkan rasa asin.

Sebenarnya Squeeze Music sudah diproduksi sejak 2015 Tim Gogyo di Music Hack Day Tokyo. Lalu, NOMLAB bersama Ginger Desgin Studio dan Monopo membuat purwarupa yang lebih canggih pada 2016. Saat ini, Squeeze Music sedang dipamerkan dalam Sensory Ignition 2017 yang berlokasi di Toranomon Hills, Tokyo, Jepang. Kabarnya, alat ini akan dipasarkan dalam waktu dekat, lo!