Unik, Rusa Ini Berwarna Putih!

By Aisha Safira, Selasa, 22 Agustus 2017 | 07:30 WIB
Benarkah ada rusa berwarna putih? (Aisha Safira)

Tubuh rusa biasanya berwarna coklat, tapi baru-baru ini terlihat rusa yang mempunyai tubuh berwarna putih. Kok bisa, ya?

Disebabkan oleh Piebald

Di Swedia ada hal yang membuat gempar. Ada rusa unik yang terlihat di wilayah Varmland, barat daya Swedia. Mengapa rusa ini tergolong unik? Karena rusa yang terlihat di Varmland seluruh tubuhnya berwarna putih. Bahkan tanduknya pun berwarna putih. Ada apa dengan rusa yang satu ini? Ternyata hal ini disebabkan oleh kondisi khusus yang disebut piebald.

Biasanya kondisi yang menyebabkan tubuh berwarna putih adalah albinisme. Albinisme adalah hilangnya pigmentasi sehingga menyebabkan kulit juga rambut berwarna putih. Tapi pada kasus rusa ini, tubuhnya yang putih disebabkan oleh piebald. Piebald disebabkan oleh gen resesif.

Apa itu Gen Resesif?

Gen resesif adalah gen yang lemah sehingga tidak bisa menunjukan sifatnya ketika berpasangan dengan gen yang dominan. Tapi jika gen tersebut berpasangan dengan sesama gen resesif, sifatnya akan terlihat. Gen inilah yang menyebabkan kondisi unik pada rusa putih tersebut.

Menurut seorang pecinta alam bernama Hans Nilsson, rusa putih ini sudah pernah terlihat sebelumnya. Ia pun sudah beberapa kali berusaha mengambil foto atau video rusa unik ini. Setelah tiga tahun, Hans pun berhasil mendapatkan video rusa putih ini sedang melintasi sungai melalui rerumputan.

Tidak Hanya di Swedia

Rusa putih ini rupanya juga terlihat di negara-negara lain, lo. Di antaranya adalah Kanada dan Alaska yang berposisi di Amerika Utara. Sayangnya, rusa putih ini mempunyai kekurangan. Tubuhnya yang putih membuat mereka sulit bersembunyi atau lari dari pemangsa. Oleh karena itu, ditetapkan sebuah peraturan di Kanada. Peraturan tersebut melarang para pemburu membunuh rusa yang 50% dari tubuhnya berwarna putih.