Katak Ungu Unik Bermoncong Babi

By Aisha Safira, Senin, 28 Agustus 2017 | 08:01 WIB
Tidak seperti katak bukan? Inilah katak ungu bermoncong babi. (Aisha Safira)

Di India ditemukan katak yang unik. Sebabnya, katak ini berwarna ungu dan mempunyai moncong seperti babi! Kita lihat, yuk, seperti apa spesies katak baru ini.

Para ilmuwan menemukan spesies katak baru yang unik. Mereka menemukannya di Pegunungan Ghat Barat, India. Mengapa dianggap unik? Karena katak ini kulitnya berwarna ungu, mempunyai moncong seperti babi, dan ada lingkaran berwarna biru di sekitar matanya. Katak ini diberi nama Nasikabatrachus bhupathi atau disebut juga katak ungu bhupathy.

Hidup di Bawah Tanah

Kalau diperhatikan, spesies ini memang tidak mirip dengan katak. Tapi setelah diteliti, anatomi tubuh katak ini ternyata merupakan hasil evolusi bertahun-tahun. Katak ini mempunyai kaki pendek, moncong panjang, dan mata yang kecil.

Kaki-kaki katak ini mempunyai bentuk seperti sekop. Rupanya, katak ungu ini menghabiskan hampir seluruh waktunya di bawah tanah. Waktu paling lamanya di darat adalah 120 hari saat masih pada tahap berudu. Berudu katak ungu bhupathy biasanya menghabiskan waktu berenang di genangan air.

Keluar Saat Hujan

Katak ungu ini akan keluar dari sarangnya di waktu-waktu tertentu saja. Salah satu waktu ia keluar dari sarangnya adalah ketika hujan. Para katak jantan akan mengeluarkan suara yang nyaring. Lalu, ia akan bertemu dengan lawan jenisnya dan menghasilkan telur.

Punya Saudara Jauh

Katak ungu ini ternyata punya saudara, lo. Saudaranya adalah Nasikabatrachus sayhadrensis yang juga disebut katak ungu. Ajaibnya walaupun mereka bersaudara, habitat kedua katak ini terletak jauh dari satu sama lain. Kalau katak ungu bhupathy ini habitatnya di India, saudaranya ada di Republik Seychelles yang berdekatan dengan Afrika. Wah, benar-benar saudara jauh, ya!