Danau Polkadot di Kanada

By Petronela Putri, Selasa, 16 Mei 2017 | 03:51 WIB
Foto: anekaduniablog.wordpress.com (Petronela Putri)

Sebuah danau di Osoyoos, British Columbia, Kanada memiliki keunikan tersendiri. Permukaan danau yang bernama Spotted Lake ini dapat terlihat seperti bintik polkadot pada masa-masa tertentu, lo!

Bintik polkadot setiap musim panas

Spotted Lake atau danau polkadot terletak di Osoyoos, British Columbia, Kanada. Danau ini menjadi terkenal dan membuat banyak orang penasaran untuk melihatnya langsung, sebab ketika musim panas air permukaan danau akan berubah dan tampak seperti titik-titik polkadot.

Konon, hal ini terjadi karena Spotted Lake terdiri dari berbagai kandungan mineral yang tidak bisa larut dengan air sehingga kemudian tinggal di permukaan dan terus membentuk bulatan-bulatan kolam kecil dan jika dilihat dari kejauhan, maka membentuk sebuah pola polkadot.

Warna bintik yang berbeda

Ada  beberapa warna  yang menyusun bintik-bintik polkadot di Spotted Lake misalnya hijau, cokelat, biru, dan lain sebagainya. Menurut peneliti, hal ini dipengaruhi oleh bedanya jenis mineral yang terkandung.

Misalnya kalsium, garam, titanium, masing-masingnya dapat menghasilkan warna yang berbeda pada permukaan air danau.

Milik suku Indian

Spotted Lake atau danau polkadot merupakan salah satu tempat suci milik suku Okanagan, atau sebuah suku yang masih menjadi bagian dari  suku Indian. Selain itu, suku Okanagan juga memiliki nama khusus  untuk Spotted Lake. Mereka biasa menyebutnya sebagai danau Killuk.

Bahkan hingga sekarang, suku Okanagan masih berperan penting di Spotted Lake. Umumnya, mereka menjadi pemandu wisata  bagi pengunjung yang ingin berkeliling danau polkadot, teman-teman.

Dulunya sempat ditutup untuk umum

Danau ini sempat ditutup untuk umum, sehingga masyarakat yang ingin melihatnya hanya bisa memandangi keindahan danau dari jalan raya, namun tidak bisa mendekat. Meski begitu, beberapa orang tetap turun dan mendekat ke arah danau untuk menuntaskan rasa penasaran mereka dan melihat Spotted Lake dari dekat.

Kini, Spotted Lake menjadi salah satu pemasukan dari pariwisata di Kanada. Di samping itu, beberapa orang juga datang ke sini untuk melakukan penelitian.