Piano Termahal di Dunia, Harganya 6 Miliar

By Petronela Putri, Senin, 8 Mei 2017 | 07:46 WIB
Foto: bintang.com (Petronela Putri)

Teman-teman bisa bermain piano? Piano merupakan salah satu alat musik yang dimainkan dengan tangan dan bisa menciptakan suara-suara indah. Dari beraneka ragam jenis piano, inilah piano dengan harga super mahal.

Awal mula piano

Piano pada awalnya berbeda dengan piano yang kita kenal sekarang. Salah satu perbedaannya adalah dari segi suara. Piano tersebut merupakan buatan Bartolomeo Cristofori, yang dibuat pada 1720. Kini, piano tersebut tersimpan rapi di New York, tepatnya Metropolitan Museum of Art.

Mengapa piano pada awalnya tidak bersuara keras?

Nah, jika teman-teman penasaran mengapa zaman dulu piano tidak terlalu keras suaranya, alasannya adalah karena senar piano tidak sekuat yang sekarang. Sejak abad ke-20, senar piano lebih kuat sehingga menghasilkan suara yang lebih enak didengar.

Piano termahal di dunia

Piano tersebut bernama Liminal, penciptanya adalah Paolo Fazioli. Harga satu unit piano ciptaan Paolo Fazioli setara dengan satu unit rumah mewah, yaitu mencapai Rp 6.000.000.000,- (enam miliar rupiah), lo!

Hal ini disebabkan jumlah produksi yang terbatas, dan juga karena pembuatan piano jenis ini membutuhkan waktu yang lebih lama daripada piano biasa. Konon, hanya ada produksi 100-an piano dalam setahun, sebab satu piano bisa dibuat selama berbulan-bulan. Bahkan ada juga piano buatan Paolo Fazioli yang diproduksi dalam jangka waktu tahunan.

Kualitas yang baik

Dengan harga yang tinggi dan rentang waktu produksi yang lama, tentu dapat disimpulkan bahwa Liminal memiliki kualitas yang bagus, teman-teman. Piano ini memiliki kualitas suara yang lebih baik dengan engsel emas!

Engsel emas ini dimaksudkan agar tak mengubah suara pada senar piano. Pembuatnya yakin, piano tersebut memiliki suara yang indah, bahkan setara dengan suara-suara opera.