5 Penemu Ini Jarang Dikenal, Salah Satunya Penemu TTS

By Aisha Safira, Selasa, 9 Mei 2017 | 09:32 WIB
Siapa yang menemukan teka-teki silang? Tahukah kamu? Foto: alchetron.com (Aisha Safira)

Siapa saja penemu yang kamu kenal? Ada Albert Einstein, Alexander Graham Bell, Thomas Alfa Edison, dan masih banyak lagi. Bagaimana dengan penemu-penemu lainnya?

Penemu-penemu yang kita kenal telah menciptakan benda atau teori-teori yang menakjubkan. Contohnya seperti Albert Einstein yang menemukan teori relativitas. Ada juga Alexander Graham Bell yang menciptakan telepon. Selain itu juga Thomas Alfa Edison yang membuat lampu.

Tetapi, masih banyak penemu lainnya yang jarang dikenal. Padahal yang mereka temukan atau ciptakan sering kita gunakan lo. Siapakah mereka?

1. Arthur Wynne, penemu TTS

Siapa yang tidak tahu teka-teki silang? Selain menyenangkan, permainan ini juga bisa menambah wawasan dan pengetahuan kita.

Penemu teka-teki silang adalah Arthur Wynne. Ia adalah seorang editor untuk sebuah surat kabar di New York.

Ia ditugaskan membuat sebuah permainan yang akan dimuat di surat kabar tersebut. Akhirnya terciptalah teka-teki silang yang terinspiras dari permainan kotak ajaib.

Permainan ini pertama kali dimuat pada 21 Desember 1913. Pada waktu itu tidak ada kotak-kotak hitam seperti sekarang dan bentuknya jajar genjang.

2. Justus Von Liebig, penemu cermin

Jika tidak ada cermin, mungkin kita tidak bisa mengetahui seperti apa rupa wajah kita. Orang yang berjasa menemukan cermin adalah Justus Von Liebig asal Jerman.

Ia adalah seorang ahli kimia. Ia membuat cermin dengan cara meletakan lapisan tipis perak metalik di satu sisi kaca bening. Setelah itu ia menyepuhnya dengan air raksa. Jadilah cermin yang mempunyai efek pantul.

3. Maurice Levy, penemu lipstik