Kenapa Lalat Takut pada Kantung Plastik Berisi Air?

By Yomi Hanna, Kamis, 19 Oktober 2017 | 07:59 WIB
Seekor lalat sedang menempel di kaca. (Hanna Vivaldi)

Coba teman-teman perhatikan beberapa warung makan di pinggir jalan. Apakah kamu melihat ada kantung plastik yang berisi air tergantung di bagian depan warung? Kalau ada, mungkin kamu akan bertanya-tanya apa gunanya kantung plastik dibuat seperti itu. Nah, para penjual di warung ternyata menggunakan kantung plastik berisi air untuk mengusir lalat, lo. Kok bisa, ya?

Mata Lalat yang Unik

Mata lalat ada dua dan masing-masing mata memiliki sekitar 4000 lensa yang mampu melihat hampir ke segala arah. Tapi sayang sekali, walaupun matanya memiliki lensa yang sangat banyak, lalat tidak dapat memusatkan perhatiannya pada satu objek tertentu. Selain itu, lalat juga susah membedakan warna tetapi kelebihannya dia sangat sensitif terhadap gerakan di sekitarnya. Inilah yang membuat kita susah sekali kalau memukul lalat, dia selalu bisa menghindar meskipun dia sedang membelakangi kita.

Baca juga : 7 Fakta Unik Lalat, Salah Satunya Berguna Bagi Kesehatan

Kenapa Kantung Plastik Berisi Asir Bisa Mengusir Lalat?

Kantung plastik berisi air yang digantung dapat membiaskan cahaya. Cahaya yang datang menuju kantung plastik dan melewati air akan dibelokkan. Oleh sebab itu, bayangan yang dihasilkan pun akan bergeser dari letak objek yang sebenarnya. Nah, cara ini diharapkan dapat mengelabuhi penglihatan lalat. Hingga akhirnya dia bingung serta terbang menjauh saat berada di sekitar kantung plastik.

Mengusir lalat dengan cara ini ternyata ampuh, karena tidak membutuhkan biaya dan tenaga yang banyak. Kita juga tidak perlu membunuh lalat, cukup dengan mengusirnya saja. Mau mencobanya di rumah?