Gulat Gurita, Olaharga yang Unik Tetapi Sudah Punah

By Aisha Safira, Selasa, 16 Mei 2017 | 03:58 WIB
Dulu ada olahraga unik bernama gulat gurita. Foto: nationalgeographic.com (Aisha Safira)

Olahraga apa saja yang kamu pelajari di sekolah? Sepak bola, bulu tangkis, basket atau voli? Kalau olahraga gulat gurita pasti kamu belum pernah dengar. Apa itu gula gurita?

Sejarah gulat gurita

Gulat gurita adalah olahraga tradisional Amerika Serikat yang pertama kali dilakukan pada 1940-an. Dalam olahraga ini pelakunya harus benar-benar bergulat dengan gurita.

William Menard adalah orang yang pertama kali menemukan olahraga ini. Ia menemukannya saat sedang berkunjung ke Tahiti. Di sana ia menghabiskan banyak waktu bersama penduduk lokal yang berprofesi sebagai pemburu gurita raksasa.

William Menard kemudian menulis tentang olahraga ini. Tulisannya yang berjudul “Octopus Wrestling is My Hobby” dimuat di majalah Mechanic Illustrated pada 1949. Sejak saat itulah olahraga gulat gurita mulai dikenal di wilayah pantai barat Amerika Serikat. Olahraga ini pun mencapai puncak kepopulerannya pada 1960-an.

Kejuaraan dunia gulat gurita

Oleh karena kepopulerannya, dibuatlah kejuaraan olahraga gulat gurita. Kejuaraan Dunia Gulat Gurita pernah diadakan di Puget Sound, Washington, Amerika Serikat. Kejuaraan yang terbesar diadakan di Tacoma, Washington pada April 1963. Ada 111 peserta yang mengikuti kejuaraan ini. Ada juga 25 gurita dari Samudra Pasifik dengan berat dua sampai 25 kg.

Pada kejuaraan ini, peserta akan bertanding dalam tim yang beranggotakan dua sampai tiga orang. Mereka harus menangkap seekor gurita tanpa menggunakan alat apapun selain tangan mereka. Olahraga ini tidak dilakukan di darat. Para pesertanya harus menyelam hingga kedalaman 18 meter ke sarang para gurita.

Saat akan ditangkap gurita pasti akan melawan. Dari sanalah asal nama gulat gurita. Gurita-gurita yang telah ditangkap akan diukur oleh juri. Peserta yang menangkap gurita terbesar adalah pemenangnya. Gurita yang sudah ditangkap boleh dikembalikan ke laut, diserahkan ke akurium lokal atau dikonsumsi.

Kepunahan gulat gurita

Tapi sayang sekali, pada pertengahan 1960-an olahraga ini mulai ditinggalkan. Alasan pertama adalah karena masyarakat di pantai barat Amerika Serikat mulai bosan dengan olahraga ini. Alasan yang kedua adalah karena di wilayah tersebut mulai diberlakukan undang-undang anti kekerasan pada hewan. Sejak itulah olahraga gulat gurita mulai punah.