Jalanan Berlubang yang Disulap Menjadi Karya Seni

By Petronela Putri, Senin, 8 Mei 2017 | 02:12 WIB
Foto: kopikeliling.com (Petronela Putri)

Jalanan berlubang memang terkadang menyebalkan bagi pengendara kendaraan bermotor, teman-teman. Selain mengganggu kenyamanan, lubang di tengah jalan juga kurang enak dipandang. Tetapi di Chicago dan Finlandia, seoreang seniman menyulap jalan berlubang menjadi karya seni yang unik.

Jim Bachor

Yap, di Chicago dan di Finlandia, jalanan berlubang bisa disulap menjadi sebuah karya seni cantik. Ada seorang seniman bernama Jim Bachor yang menerima sebuah pekerjaan unik. Tugasnya adalah mengubah jalanan berlubang menjadi cantik dan nyaman bagi pengendara kendaraan bermotor.

Jim Bachor merupakan seorang seniman mosaik. Karya seninya yang bernama ‘Treats in the Streets’ ini merupakan sekumpulan gambar indah mosaik yang dibuat sebagai pengganti lubang-lubang di jalanan.

Apa itu mosaik?

Teknik seni dengan menggunakan mosaik pertama kali ditemukan di Mesopotamia, tepatnya di sebuah kuil wilayah Abra. Dan ternyata mosaik ini telah ada dalam waktu yang sangat lama, teman-teman. Sebab waktu itu baru abad 3 sebelum Masehi! Hihi.

Secara umum, mosaik merupakan sebuah seni membuat gambar. Media yang digunakan adalah kepingan kaca berukuran kecil, dapat pula menggunakan batu warna-warni, atau bahan lain yang bisa disusun menjadi satu kesatuan utuh yang memiliki makna.

Biasanya mosaik memang digunakan dalam desain interior atau ruangan, teman-teman. Salah satu contoh mosaik yang sering dijumpai adalah mosaik-mosaik pada jendela Katedral –tempat ibadah umat Katolik.

Biasanya kepingan kecil bisa membentuk aneka warna berbeda dan disatukan menjadi sebuah pola gambar yang baru.

Mosaik dapat bertahan dalam waktu lama

Yang lebih unik lagi, mosaik-mosaik di tengah jalan ini dapat bertahan sepanjang tahun, lo! Lubang-lubang yang dianggap sangat mengganggu keselamatan dan kenyamanan masyarakat telah disulap Jim Bachor. Gantinya, kini jalanan di Chicago dan Finlandia penuh dengan mosaik warna-warni yang cerah dan menarik hati para pengendara.