Ada Camilan yang Terbuat dari Tanah Liat?

By Aisha Safira, Selasa, 16 Mei 2017 | 07:24 WIB
Inilah ampo, camilan yang terbuat ari tanah liat. Foto: hipwee.com (Aisha Safira)

Biasanya camilan berbentuk kue kecil yang terbuat dari tepung, telur, gula, dan bahan lainnya. Nah kalau camilan yang satu terbuat dari tanah liat, namanya ampo.

Tuban, Jawa Timur

Ampo adalah camilan khas Tuban, Jawa Timur. Uniknya, camilan ini terbuat dari tanah liat lo. Tanah liat adalah bahan yang digunakan untuk membuat batu bata. Ternyata tanah liat juga bisa menjadi bahan makanan. Ampo ini sudah menjadi makanan tradisional bagi warga Tuban. Kegiatan mengkonsumsi tanah liat atau lempung ini dinamakan geofagi. Hal ini memang biasa dilakukan oleh orang-orang yang tinggal di daerah tropis yang hangat.

Cara membuat ampo

Cara membuat ampo tidak sulit. Pertama, carilah tanah liat yang bersih dan bebas dari kerikil atau kotoran lainnya. Lalu, tanah liat tersebut ditumbuk dan dipadatkan menjadi segi empat. Setelah itu, tanah liat dikikis menggunakan stik hingga berbentuk seperti gulungan. Kemudian, tanah liat yang sudah siap akan dipanggang sekitar empat jam. Jadi deh ampo!

Manfaat ampo

Ampo ternyata bermanfaat lo bagi tubuh. Menurut warga Tuban yang mengkonsumsi ampo, camilan ini dapat menguatkan pencernaan dan mengobati beberapa penyakit, seperti diare dan gatal-gatal. Setelah diteliti, tanah liat memang bisa membuat perut lebih nyaman.

Selain itu, tanah liat dapat melindungi orang yang mengkonsumsinya dari virus dan bakteri. Sebabnya, tanah liat dapat mengikat bakteri dan virus. Saat dimakan, tanah liat bisa berfungsi sebagai pelindung untuk usus manusia. Bahkan ampo juga dikonsumsi oleh ibu hamil lo.

Tapi ampo juga bisa berbahaya bagi tubuh kalau mengandung kotoran hewan. Di dalam kotoran hewan banyak terdapat parasit. Contohnya cacing gelang. Hal ini juga dapat menyebabkan tetanus. Tapi karena ampo dimasak dengan cara dipanggang, bahaya ini dapat berkurang. Berani coba makan ampo?