Mengapa Tidak Boleh Mengonsumsi Mi Instan Berlebihan?

By Petronela Putri, Rabu, 17 Mei 2017 | 08:07 WIB
Foto: thehealthsite.com (Petronela Putri)

Makanan instan, apalagi mi instan umumnya memang enak dan menyenangkan untuk dikonsumsi. Tetapi, awas teman-teman, ternyata ada banyak bahaya yang bisa kamu dapatkan dari mengonsumsi mi instan yang berlebihan. Apa saja, ya?

Mie instan, makanan cepat saji untuk disantap kapan pun

Pada dasarnya, makanan instan termasuk mi dibuat agar manusia dapat mengonsumsi makanan dengan cepat kapan pun dan di mana pun mereka berada. Biasanya orang mengonsumsi makanan instan jika hanya memiliki sedikit waktu untuk makan.

Di Jepang, makanan instan sudah ada sejak lama, bahkan mereka sudah mengonsumsinya sebelum makanan instan ada di Indonesia, teman-teman. Mie instan yang paling terkenal di Jepang adalah ramennya.

Sejak tahun 1980-an, makanan instan mulai banyak diproduksi di Indonesia, bahkan laris manis hingga sekarang. Salah satu yang menjadi penyebab digemarinya mie instan adalah karena banyaknya pilihan rasa, mudah dimasak, serta bisa dimakan dalam waktu singkat.

Bahaya mi instan bagi kesehatan

Meski rasanya enak, tetapi sebaiknya teman-teman tidak berlebihan mengonsumsi mie instan, ya. Sebab banyak kandungan dalam mie instan yang dapat membahayakan kesehatan tubuh manusia.

Salah satunya, terlalu sering mengonsumsi mi instan dapat menyebabkan usus bocor, lo! Karena zat-zat berbahaya yang terkandung dalam mi instan kelamaan membuat dinding usus menjadi tipis, dan akhirnya menjadi bocor.

Selain itu, mi instan tentu mengandung bahan pengawet. Nah, bahan-bahan ini terbuat dari zat kimia, dan tentu juga tidak baik bila masuk ke dalam tubuh, sebab dapat mengganggu metabolisme tubuh teman-teman.

Bahaya mi instan bagi anak-anak

Salah satu bahaya utama mi instan bagi anak-anak adalah karena mi ini dapat menghambat penyerapan nutrisi dalam tubuh. Dalam masa pertumbuhan, tubuh tentu membutuhkan nutrisi yang banyak, dan jika teman-teman banyak mengonsumsi mi instan maka penyerapan nutrisi ini akan terganggu dan tubuh tak dapat berkembang dengan baik. Wah!