Di Hungaria, Anak-anak Boleh Bertugas di Kereta Wisata

By Petronela Putri, Selasa, 16 Mei 2017 | 03:09 WIB
Foto: brilio.net (Petronela Putri)

Biasanya petugas kereta api adalah orang dewasa, tetapi tidak di Budapest, Hungaria. Di sana, ada stasiun kereta api yang seluruh kegiatannya dijalankan oleh anak-anak! Wah, seru ya!

Kereta wisata

Kereta ini dikenal dengan nama Gyermekvasut, yang artinya kereta api anak-anak. Kereta api ini benar-benar beroperasi seperti kereta-kereta lain di seluruh dunia. Hanya saja petugasnya adalah anak-anak. Gyermekvasut merupakan kereta wisata yang melintasi Szechenyi serta hutan pinggir kota. Kereta ini memiliki kecepatan 20 kilometer per jam.

Belajar profesi

Nah, mungkin teman-teman penasaran mengapa anak-anak di Hungaria bisa mendapatkan peran seunik ini di kota mereka? Konon, Hungaria memang membiasakan anak-anaknya untuk mempelajari jenis-jenis profesi yang ada. Kebetulan, anak-anak di sana banyak yang menyukai kereta api, sehingga pemerintahnya kemudian menyediakan wadah untuk belajar dan mempraktikkan langsung apa yang mereka pelajari.

Benar-benar memiliki penumpang

Sebuah kereta tentu sewajarnya memiliki penumpang. Nah, kereta di Hungaria ini pun begitu, teman-teman. Para penumpang akan diberikan stempel tanda masuk 50 menit sebelum kereta berangkat. Semua yang melayani adalah anak-anak. Baik pemeriksaan tiket, melayani penumpang di tempat duduk, mengatur sinyal keberangkatan, membacakan pengumuman, semuanya dilakukan oleh anak usia maksimal 14 tahun.

Tak ketinggalan, petugas-petugas cilik ini juga menggunakan seragam yang sama dengan petugas kereta api resmi negara Hungaria, lo! Hihi.

Priiitt! Kereta berangkat

Setelah sinyal keberangkatan terdengar, maka kereta siap berangkat. Eits! Tetapi benarkah yang menjadi masinisnya juga anak-anak? Ternyata bukan, teman-teman. Demi keamanan dan keselamatan penumpang, yang menjalankan kereta tetap masinis yang sebenarnya. Anak-anak hanya bertugas di stasiun dan memastikan kereta berangkat sesuai dengan jadwal yang semestinya, kok.

Tidak mengganggu jam sekolah

Selain itu, kegiatan ini ternyata sudah diatur sedemikian rupa agar jadwal bertugas tidak mengganggu jadwal sekolah mereka. Biasanya setiap anak boleh memilih jadwal bertugasnya sendiri.  Biasanya, dalam 2 minggu seorang anak boleh bekerja sebagai petugas kereta api sebanyak 2 kali.