Kota Dongeng Cappadocia yang Penuh Rahasia

By Aisha Safira, Senin, 22 Mei 2017 | 07:17 WIB
Terlihat seperti nenegeri dongeng kan? Foto: thetravelcapsule.com (Aisha Safira)

Kota Cappadocia terkenal dengan keindahannya yang mirip seperti dalam dongeng. Tapi kota ini juga menyimpan rahasia di bawah tanah. Apakah itu?

Cerobong Peri

Cappadocia terletak di Provinsi Nevsehir, Turki. Kota ini dibentuk lebih dari 3.000 tahun yang lalu oleh Bangsa Het dari Kerajaan Hittites. Struktur kotanya yang unik membuat Cappadocia menjadi salah satu tempat wisata favorit di dunia. Bentuk kotanya terlihat seperti sarang semut atau disebut juga cerobong peri. Cerobong peri ini sebenarnya adalah gua-gua tempat berlindung. Di sekitarnya terdapat desa-desa tempat tinggal penduduknya pada saat itu.

Cerobong peri terbentuk karena gejala alam. Bukit ini terbentuk dari material vulkanik sekitar sembilan sampai tiga juta tahun yang lalu. Setelah itu, daerah ini terus menerus diterpa angin dan hujan sehingga terjadi proses erosi. Oleh karena itu, cerobong peri berbentuk seperti sarang semut. Sampai saat ini, cerobong peri ini masih terjaga dengan baik. Para wisatawan bisa mengunjungi The Gerome Open Air Museum untuk melihatnya.

Kota bawah tanah rahasia

Selain cerobong peri, Cappadocia juga mempunyai kota bawah tanah yang dipahat dari btu. Kota ini juga merupakan tempat berlindung umat Kristiani saat masa Romawi. Di kota bawah tanah ada banyak sekali jebakan untuk para tentara saat itu. Ada batu-batu besar yang digunakan untuk menutup pintu-pintu dalam terowongan tersebut. Ada juga terowongan-terowongan yang sempit yang memudahkan mereka menyerang musuh. Oleh karena keunikannya, kota ini masuk dalam daftar UNESCO World Heritage Site.

Indah seperti dongeng

Selain unik, Cappadocia terlihat indah seperti dalam dongeng. Lava yang berasal dari gunung berapi membuat lekukan-lekukan bukit yang indah. Biasanya, para wisatawan menikmati pemandangan ini di atas balon udara. Para wisatawan juga bisa menaiki lembah Ilhara dan menginap di hotel gua Cappadocia. Kota yang unik bukan?