Mengenal Monaco, Negara Kecil yang Benderanya Mirip Indonesia

By Petronela Putri, Kamis, 18 Mei 2017 | 06:30 WIB
Monaco. (Petronela Putri)

Bobo.id - Mungkin Monaco merupakan salah satu negara yang benderanya cukup mudah terekam di dalam kepala kita, teman-teman. Sebab, warnanya sama persis dengan bendera Indonesia.

Tak hanya warna bendera

Tetapi tahukah kamu, bahwa sebenarnya negara kecil bernama Monaco ini memiliki banyak sekali keunikan selain warna benderanya yang amat mirip dengan bendera Indonesia.

Saking kecilnya, 1 negara Monaco luasnya tak lebih dari ¼ bagian kota Jakarta, lo, teman-teman.

Hanya saja, negara ini ternyata sangat makmur dan banyak sekali mobil mewah di jalan-jalan Monaco. Bahkan orang-orang mengira bahwa Monaco merupakan negara yang khusus untuk balapan mobil F1 yang terkenal itu. Wah!

Bendera merah putih

Jika Indonesia sudah menggunakan bendera merah putih sejak abad ke-13, yaitu sejak zaman kerajaan Majapahit, maka Monaco pun sudah menggunakan bendera ini sejak lama, lo, teman-teman.

Konon, bendera merah putih digunakan di Monaco sejak tahun 1297.

Memang, seiring perkembangan zaman warna benderanya sedikit banyak agak berubah. Tetapi sejak tahun 1800-an, Monaco menggunakan bendera merah putih tersebut hingga hari ini.

Negara kecil yang makmur

Jangan sepelekan Monaco karena negaranya kecil, ya, teman-teman. Sebab, meski Monaco merupakan negara terkecil kedua di dunia, tetapi pendapatan per kapita negaranya paling tinggi di dunia sedangkan pajak cukup rendah.

Hal itulah yang kemudian membuat negara ini menjadi salah satu negara paling makmur!