Di Jepang Ada Akta Kelahiran dengan Template Anime!

By Petronela Putri, Kamis, 18 Mei 2017 | 10:45 WIB
Foto: wall.alphacoders.com (Petronela Putri)

Biasanya, akta kelahiran hanya berbentuk kertas polos. Tetapi, uniknya, di Jepang akta kelahiran seorang anak boleh bergambar tokoh anime! Wih!

Fungsi akta kelahiran

Akta kelahiran merupakan dokumen berupa selembar kertas yang diterbitkan oleh negara. Isinya tentu identitas mengenai seorang anak mulai dari nama, tanggal lahir, nama orangtua, jenis kelamin, dan lain sebagainya.

Terus apa ya, gunanya akta kelahiran ini? Sederhananya, semua anak yang lahir pada suatu negara berhak untuk dibuatkan akta kelahiran untuk mencatat keberadaannya dan siapa orangtuanya yang sah. Dan nantinya dengan akta kelahiran, seorang anak dapat memiliki akses ke berbagai bidang. Misalnya digunakan untuk mendaftar sekolah.

Akta kelahiran unik di Jepang

Sebuah perusahaan desain di Jepang bernama Konin Todoke Seisakujo pernah mengeluarkan akta pernikahan dengan desain karakter One Piece pada 2016 lalu. Karena menarik, akta pernikahan tersebut ternyata laris manis di pasaran.

Melanjutkan ide kreatif tersebut, perusahaan desain yang sama kemudian membuat akta kelahiran bergambar karakter anime One Piece. Di akta kelahiranmu akan dicantumkan gambar-gambar tokoh Luffy dan kawan-kawannya. Bahkan akta kelahiran ini juga bisa tampak lebih lucu jika ada masyarakat yang menamai anaknya sesuai nama karakter-karakter di One Piece. Hihi.

Harga akta kelahiran dengan template One Piece

Nah, tentu ada sejumlah uang yang harus teman-teman bayarkan untuk desain-desain unik ini. Satu set desain akta kelahiran dengan template One Piece biasa dihargai sebesar 3.200 Yen (mata uang Jepang). Jika dikonversikan ke mata uang Rupiah, harganya sekitar Rp 380.000,- teman-teman!

Satu set akta kelahiran itu terdiri dari 5 kertas. Dan ternyata di Jepang hal ini termasuk hal yang legal, lo! Jadi menggunakan akta pernikahan dan akta kelahiran anak menggunakan template anime seperti ini sama sekali tidak melanggar hukum di Jepang.

Bahkan surat-surat tersebut bisa teman-teman bawa untuk mengurus keperluan tertentu di kantor-kantor pemerintahan. Sayang belum ada informasi apakah akan ada desain anime-anime lainnya untuk akta pernikahan dan kelahiran di Jepang.

Menurut teman-teman, anime apa lagi yang bisa digunakan untuk hiasan template akta-akta ini? Hihi.