Tangan Raksasa di Venesia

By Petronela Putri, Jumat, 19 Mei 2017 | 07:05 WIB
Foto: brilio.net (Petronela Putri)

Seperti yang kita ketahui, bahwa pemanasan global menjadi masalah yang serius di seluruh dunia, teman-teman. Dalam rangka melawan hal ini, salah satu seniman di Venesia membuat tangan raksasa!

Pemanasan global yang menjadi masalah serius

Secara umum, pemanasan global merupakan fenomena naiknya suhu di permukaan bumi dan menyebabkan bumi menjadi semakin panas. Pemanasan global ini bisa disebabkan oleh banyak hal, salah satunya adalah meningkatnya keluaran gas dari rumah kaca seperti karbondioksida, metana, dan sebagainya. Gas-gas ini kemudian menyebar di atmosfer bumi.

Kini, manusia beramai-ramai melawan pemanasan global. Beberapa cara yang kerap dilakukan misalnya dengan menghemat sumber daya seperti air atau listrik. Cara lain yang bisa dilakukan adalah dengan mengurangi sampah plastik dan membudayakan untuk membawa kantong belanjaan atau botol minum sendiri dari rumah.

Seniman juga ikut melawan pemanasan global

Nah, ternyata bukan masyarakat umum saja lo, teman-teman. Seniman-seniman di seluruh dunia juga memiliki kepedulian untuk ikut melawan pemanasan global. Salah satunya adalah seniman Italia yaitu Lorenzo Quinn.

Venesia merupakan salah satu kota yang terancam hancur akibat adanya pemanasan global. Kota terapung ini memiliki cukup banyak bangunan bersejarah yang cantik, dan disenangi wisatawan. Sayangnya, bangunan-bangunan tersebut pun terancam hancur. Sedih sekali, ya, teman-teman.

Untuk mengatasi hal tersebut, Lorenzo Quinn kemudian merancang sebuah patung berbentuk tangan raksasa. Sepasang tangan raksasa tersebut digambarkan sedang menyangga sebuah gedung agar tidak roboh.

Tetapi, kira-kira apa ya hubungannya sepasang tangan raksasa dengan pemanasan global? Nah, ternyata tangan ini juga memiliki makna tertentu, lo. Tangan-tangan tersebut bukan sembarang tangan, teman-teman! Sebab menurut Lorenzo Quinn, tangan tersebut melambangkan perlawanan pada pemanasan global. Tangan raksasa itulah yang akan melindungi dan menopang gedung di Venesia dari kehancuran.

Wah, ternyata maknanya keren, ya. Teman-teman tertarik untuk berkunjung ke Venesia dan melihat langsung tangan raksasa ini?