Mau ke Mars? Ini Biayanya!

By Petronela Putri, Jumat, 19 Mei 2017 | 11:14 WIB
Foto: brilio.net (Petronela Putri)

Mars merupakan salah satu planet yang ada di jagat raya. Planet satu ini juga sudah diteliti berkali-kali oleh NASA –badan antariksa milik Amerika. Teman-teman pernah tertarik untuk berkunjung ke Mars? Inilah rincian biayanya!

Mars, planet yang mencuri perhatian

Sudah belasan bahkan puluhan tahun NASA (National Aeronautics and Space Administration), badan antariksa milik Amerika meneliti tentang planet Mars. Mereka mengirim pesawat antariksa hingga beberapa orang astronautnya untuk meneliti planet merah ini.

Bahkan konon, manusia sedang menyelidiki apakah bisa mengadakan kehidupan di planet Mars. Salah satu fakta menarik yang pernah ditemukan adalah bahwa kentang bisa tumbuh di Mars, lo!

Naik pesawat ke Mars? Ini biayanya!

Nah, baru-baru ini sebuah perusahaan pesawat antariksa bernama SpaceX membuat pengumuman bahwa mereka akan meluncurkan pesawat ke Mars tahun depan, tepatnya 2018 mendatang, teman-teman.

Selain itu, mereka juga mengumumkan bahwa orang-orang bisa berkunjung ke Mars jika ingin. Biaya yang mereka perhitungkan adalah 62.000.000 USD, atau kalau dirupiahkan mencapai Rp 816.000.000.000,-!

Wah, ternyata biaya ke Mars tidaklah murah ya, teman-teman. Tetapi dengan biaya tersebut, seseorang bisa ke Mars menggunakan sebuah roket bernama roket Falcon yang menampung bobot hingga 4.000 kilogram. Jika ada tambahan bobot yang harus ditanggung roket, maka akan dikenakan biaya lagi untuk membayar bobot tersebut. Biayanya sendiri mencapai 1 Triliun Rupiah.

Biaya wisata yang lebih murah menggunakan roket daur ulang

Biaya di atas tentu sangatlah mahal bagi banyak orang, teman-teman. Oleh karena itu, juga ada penawaran tentang wisata ke Mars menggunakan roket hasil daur ulang. Perusahaan SpaceX diketahui pernah melakukan uji coba menggunakan pesawat daur ulang dan telah berhasil.

Dengan menggunakan pesawat ini, biaya perjalanan seharusnya dapat ditekan banyak. Meski tetap saja perjalanan ke Mars sangat berisiko tinggi. Ada bahaya yang harus dipahami oleh calon wisatawan antar planet ini, salah satunya termasuk risiko kematian sebelum mereka tiba di Mars.

Hiii, seram, ya!