Unik, Ada Jembatan untuk Kapal di Jerman!

By Yomi Hanna, Rabu, 27 September 2017 | 09:40 WIB
Magdeburg Water Bridge (Hanna Vivaldi)

Jembatan merupakan jalan penghubung antara dua tempat yang biasanya terpisah oleh sungai, jalan besar, atau jurang. Jembatan ini ukurannya bermacam-macam, ada yang kecil dan ada yang besar. Jembatan kecil hanya bisa dilewati pejalan kaki saja, sementara yang besar dilewati kendaraan roda empat. Namun, pernahkah kamu melihat jembatan yang bisa dilewati kapal?

Jembatan Air

Di Jerman, ada jembatan yang unik. Jembatan itu kelihatan seperti sungai di atas sungai. Jembatan yang dialiri air ini bernama Magdeburg Water Bridge, yang merupakan jembatan terpanjang di dunia. Posisi jembatan yang lebarnya 35 meter dengan kedalaman sekitar 4,5 meter ini berada tepat di atas sungai Elbe.

Sejarah Magdeburg Water Bridge

Sebenarnya jembatan ini sudah mulai di bangun pada tahun 1930. Namun, karena adanya Perang Dunia ke-2, pembangunannya pun terhenti. Waktu itu Jerman terpisah menjadi 2 negara, yaitu Jerman Barat dan Jerman Timur. Kemudian setelah perang berakhir, di tahun 1997 pembangunan jembatan tersebut dilanjutkan lagi. Hingga akhirnya siap digunakan dan diresmikan pada tahun 2003.

Jembatan Bagi Kapal

Magdeburg Water Bridge sengaja dibuat seperti itu agar bisa dilewati kapal yang membawa berbagai barang. Jembatan yang menghubungkan Elbe Havel dan Mittelland ini juga dikenal sebagai salah satu simbol persatuan masyarakat Jerman. Yaitu yang mempersatukan antara Jerman Barat dan Jerman Timur setelah Perang Dunia ke-2 berakhir.