Inilah 5 Penyebab Banjir, Salah Satunya Karena Membuang Sampah Sembarangan

By Yomi Hanna, Kamis, 30 November 2017 | 03:15 WIB
Membuang sampah sembarangan adalah salah satu penyebab banjir. (Hanna Vivaldi)

Bencana banjir sering terjadi di beberapa daerah-daerah di Indonesia. Apalagi kalau sudah memasuki musim hujan, banyak yang bersiap-siap untuk menghadapi datangnya banjir. Kira-kira apa saja, ya, penyebab banjir itu?

1. Curah Hujan yang Tinggi

Banjir dapat terjadi karena hujan besar terjadi dalam waktu yang cukup lama. Misalnya berjam-berjam hujan dan tidak berhenti sama sekali, dari pagi hingga malam, ini bisa menyebabkan banjir. Air hujan akan memenuhi sungai-sungai yang ada. Selain itu, air juga akan menggenangi jalanan saat kurang tersedianya daerah resapan air.

2. Membuang Sampah Sembarangan

Kebiasaan yang satu ini juga bisa menyebabkan banjir, lo. Meski kelihatan tidak memengaruhi apa-apa, tapi kenyataannya membuang sampah sembarangan dapat membuat sungai menjadi dangkal. Sungai yang dangkal dapat menyebabkan air meluap hingga ke rumah-rumah penduduk saat terjadi hujan deras.

Baca juga : Jangan Lakukan Ini Supaya Tidak Banjir

3. Perusakan Lahan

Adanya perusakan lahan seperti penambangan liar dalam bentuk penggalian tanah, dapat menyebabkan banjir dan tanah longsor. Tanah yang tadinya berfungsi untuk menahan air, kini menjadi tergerus dan tidak kuat menahan air.

4. Penebangan Hutan

Selain penambangan liar, penebangan liar juga dapat menimbulkan banjir. Hutan fungsinya sangat penting, yaitu sebagai daerah resapan air, dapat menyimpan air hujan kemudian mengalirkannya melalu bentuk air tanah. Namun dengan adanya penebangan liar, maka air hujan tidak dapat diserap tanah dengan baik sehingga meluap menyebabkan banjir, bahkan tanah longsor.

5. Pemukiman Liar

Rumah seharusnya tidak dibangun di tepi sungai. Namun, masih banyak yang membuat pemukiman liar di daerah bantaran sungai. Pemukiman ini dapat menghambat aliran sungai, karena banyaknya sampah yang dibuang sembarangan oleh penduduk di pemukiman tersebut.