Warna-Warni Sejarah Es Krim

By Petronela Putri, Rabu, 3 Mei 2017 | 11:24 WIB
Foto: msn.com (Petronela Putri)

Teman-teman menyukai es krim? Panganan yang menyegarkan ini punya sejarah unik, lo! Es krim ternyata sudah ada sejak tahun 1600-an! Bangsa yang paling banyak mengonsumsi es krim adalah orang Amerika.

Sejarah es krim

Teman-teman pernah penasaran pada sejarah munculnya es krim? Mulanya, es krim berasal dari zaman Romawi. Para raja atau kaisar tentu suka mengadakan pesta, dan es krim bermula dari salah satu hidangan pesta yang diselenggarakan kaisar Romawi. Salah satu hidangan yang disajikan adalah es pegunungan yang dicampur dengan buah-buahan segar.

Selain itu, ada juga versi sejarah yang lain, yaitu dari Cina. Konon, pada zaman Dinasti Shang, kaisarnya sangat menyukai makanan dan minuman yang lezat. Para juru masak istana didatangkan dari berbagai penjuru, hingga suatu hari kaisar mencicipi es hasil salju. Es yang dingin itu dicampurkan dengan susu sapi bahkan tepung sehingga membentuk adonan es krim yang sekarang.

Bahkan setelahnya, banyak perubahan dan campuran pada es krim  sampai menghasilkan es krim seperti yang kita kenal sekarang. Orang-orang mulai menambahkan buah, sirup, wafer, biskuit, dan sebagainya.

Selain itu juga ada sejarah es krim versi bangsa Eropa. Es krim diperkenalkan oleh Marcopolo dan biasa dihidangkan bagi para bangsawan. Jadi, dulunya es krim merupakan hidangan yang mahal dan mewah.

Es krim masuk ke Indonesia

Di Indonesia, es krim pertama diperkenalkan oleh bangsa Belanda. Salah satu es krim pertama di negara kita bernama Ice Cream Saloon. Mulanya, es krim ini hanya ada di kota-kota besar di Indonesia, dan dihidangkan untuk pejabat Belanda.

Orang Amerika sangat menyukai es krim!

Di New York, kedai es krim pertama dibuka pada tahun 1776. Amerika merupakan negara yang paling banyak mengonsumsi es krim, lo, teman-teman! Orang Amerika sangat menyukai es krim, sebab di sana es krim digunakan sebagai makanan penutup  dan diproduksi hingga 800.000 galon per tahunnya.

Wah, ternyata perjalanan sejarah es krim cukup panjang juga, ya, teman-teman. Rasa es krim apakah yang paling teman-teman suka?