Bindi Pada Dahi Orang India, Pelindung dari Nasib Buruk

By Petronela Putri, Kamis, 4 Mei 2017 | 03:14 WIB
Foto: youthkiawaaz.com (Petronela Putri)

Masyarakat India selalu tampak mengenakan bindi atau hiasan tanda merah di bagian dahi atau bagian belahan rambutnya. Kedua tanda merah ini memiliki maknanya sendiri, lo, teman-teman!

Budaya India yang kaya

India merupakan salah satu negara yang jumlah penduduknya paling banyak di urutan kedua di dunia. Jumlah penduduk India melebihi 1 milyar, dan tentu saja India juga memiliki kekayaan budaya yang menarik! Terletak di Asia Selatan, India terkenal dengan industri film serta tariannya yang penuh nyanyian dan hingar bingar.

Eits! Ada lagi, lo, yang terkenal dari India, teman-teman. Salah satunya adalah tanda merah atau oranye di dahi serta bagian atas kepala dekat belahan rambut. Kedua warna merah dan oranye ini memiliki maknanya masing-masing.

Bindi yang terdapat di dahi

Bindi adalah bulatan berwarna merah atau oranye yang terdapat di dahi orang India. Tanda bindi lebih umum dan banyak digunakan oleh perempuan maupun laki-laki. Letaknya tepat di antara kedua alis.

Teman-teman penasaran mengapa bindi digunakan di antara dua alis? Yap! Hal ini memiliki makna tersendiri. Orang India percaya bahwa dahi merupakan tempat menetapnya cakra yang keenam, sekaligus menjadi simbol hal-hal baik seperti kecerdasan, kecantikan, dan dapat menjauhkan seseorang dari nasib buruk.

Sindoor pada belahan rambut

Sindoor biasanya tampak dikenakan para wanita India di antara belahan rambut mereka, sedikit lebih tinggi daripada dahi. Bedanya, sindoor hanya boleh digunakan oleh mereka yang sudah menikah, teman-teman.

Orang India percaya, bahwa sindoor melambangkan kesetiaan wanita India kepada suaminya. Yang boleh memberikan tanda sindoor pertama kali kepada seorang wanita adalah suaminya sendiri. Jika sang suami meninggal, maka sindoor pun harus dihapus. Tetapi menghapus sindoor pun ada aturannya, yaitu hanya boleh dihapus oleh ibu mertua si wanita.

Kini, seiring perkembangan zaman, bindi dan sindoor juga dibuat bermacam-macam. Bahkan ada yang terbentuk dari stiker agar mudah dipasang dan dilepaskan kembali. Sebab, selain bermakna kesetiaan dan nasib baik, wanita India menganggap tanda merah dan oranye ini sebagai pemanis wajah.