Cirendeu, Kampung Singkong yang Penduduknya Tidak Makan Nasi

By Yomi Hanna, Senin, 16 Oktober 2017 | 05:15 WIB
Bagaimana Makanan Dicerna? (Hanna Vivaldi)

Makanan pokok Indonesia yang paling banyak dikonsumsi adalah nasi. Bahkan Indonesia sempat menjadi pengonsumsi nasi terbanyak di dunia. Namun, tahukah kamu? Ada satu kampung di Indonesia yang tidak membutuhkan nasi, lo. Karena makanan pokok mereka adalah singkong.

Kampung Cirendeu, Kampung Singkong

Kampung ini bernama Cirendeu, yang terletak di Kota Cimahi, Kelurahan Leuwigajah, Kecamatan Cimahi, Jawa Barat. Berawal dari tahun 1924, nenek moyang masyarakat di Cirendeu menjadikan singkong sebagai makanan pokok. Sejak saat itu, kebiasaan itu turun menurun hingga ke anak cucu mereka. Oleh sebab itu, mereka pun menjadi tidak pernah memakan nasi. Kampung ini pun akhirnya dijuluki sebagai Kampung Singkong.

Baca juga : Makanan Pengganti Nasi

Mempunyai Kebun Singkong yang Luas

Kampung Singkong dihuni sebanyak 330 orang penduduk dengan 70 orang yang menjadi kepala keluarga. Penduduknya mendapatkan singkong dari hasil kebun sendiri seluas 20 hektar yang ada di kampung itu. Mereka tidak pernah memakan nasi, karena yang mereka temukan di kampung itu hanya singkong.

Rasi: Beras Singkong

Makanan pokok singkong itu mereka sebut dengan rasi. Kata ini kependekan dari beras singkong, berupa olahan singkong yang dijadikan makanan pokok. Mereka mengonsumsi rasi layaknya memakan nasi.  Rasi dimakan bersama dengan lauk pauk dan sayur. Bahkan cara pengolahannya juga mirip, ditanak dulu hingga matang.