Awas, Jangan Menahan Bersin!

By Petronela Putri, Sabtu, 20 Mei 2017 | 12:37 WIB
Foto: family.fimela.com (Petronela Putri)

Bersin bisa datang tiba-tiba dan tak terduga, tetapi jangan sampai menahan bersin ya, teman-teman. Sebab, menahan bersin ternyata berbahaya bagi tubuh, mulai dari menyebabkan mimisan hingga gangguan pendengaran!

Bersin bukan hal yang buruk

Mungkin banyak yang ingin berusaha menahan bersin karena bersin seringkali datang di saat yang kurang tepat. Tetapi, alangkah baiknya jika teman-teman tidak menahan bersin, lo. Sebab bersin pun ternyata bukan hal yang buruk.

Bersin bisa membersihan rongga di antara mulut, tenggorokan, dan hidung. Dengan kata lain, bersin sekaligus mengeluarkan beberapa kuman dari dalam tubuh. Ini pula yang menjadi alasan mengapa seseorang bisa bersin berkali-kali. Bersin biasanya akan terjadi hingga hidung menjadi bersih.

Nah, bayangkan jika teman-teman menahan bersin, itu artinya seluruh proses pengeluaran kuman dari dalam tubuh teman-teman juga akan tertahan. Ketika seseorang menahan bersin, ada banyak hal buruk yang bisa saja terjadi pada tubuhnya.

Akibat menahan bersin

Teman-teman, ternyata banyak sekali, lo, akibat buruk yang bisa ditimbulkan bagi tubuh hanya karena menahan bersin. Di antaranya adalah mimisan, gangguan pendengaran, hingga membuat tulang rawan hidungmu menjadi patah. Hii, seram, ya!

Kecepatan bersin pada umumnya juga sangat tinggi, ketika teman-teman berusaha menahannya otomatis beberapa bagian tubuh berisiko mengalami cidera tertentu. Salah satu cidera yang bisa timbul akibat menahan bersin adalah Emfisema, kondisi di mana pasokan udara sangat terbatas.

Emfisema juga dapat melanda anak kecil, lo, tidak hanya orang dewasa. Bahkan Emfisema juga berpotensi mematikan bagi tubuh seseorang.

Bersin yang baik

Lalu bagaimana sebaiknya ketika ingin bersin? Satu-satunya hal yang bisa teman-teman lakukan adalah jangan pernah menahan bersin dari tubuh. Jika teman-teman merasa ingin bersin di waktu yang kurang tepat, tutuplah mulut dan hidung menggunakan tangan, tisu, maupun benda sejenis lainnya.

Tujuannya agar hidung tetap tersaring dengan lancar dan kemudian menjadi bersih, serta kuman yang keluar ketika teman-teman bersin tersebut tidak menyebar kepada orang lain. Hihi.