Kenapa Seragam Pramuka Berwarna Cokelat?

By Yomi Hanna, Sabtu, 21 Oktober 2017 | 07:05 WIB
Warna seragam Pramuka berwarna cokelat. Kenapa, ya? (Hanna Vivaldi)

Apakah kamu pernah mengikuti kegiatan Pramuka di sekolah? Tentunya teman-teman tahu bahwa seragam Pramuka biasanya berwarna cokelat. Kenapa harus berwarna cokelat, ya?

Seragam Pahlawan Perang Indonesia

Saat menonton film-film sejarah Indonesia, mungkin kamu pernah memperhatikan seragam para pahlawan kita. Kebanyakan menggunakan baju dan celana berwarna cokelat muda, bukan? Meski sebagian pahlawan juga menggunakan pakaian berwarna putih dan hitam, tapi tetap seragam cokelatlah yang paling banyak terlihat di medan perang.

Inilah salah satu alasan kenapa seragam Pramuka menggunakan warna cokelat. Agar para anggota Pramuka tidak melupakan jasa-jasa para pahlawan yang telah berjuang untuk negara. Selain itu, supaya kita bisa meneladani, menghargai, serta mengikuti semangat juang mereka.

Baca Juga: Mengenal Sandi dalam Pramuka

Warna Tanah dan Air Indonesia

Warna cokelat pada seragam pramuka juga dapat melambangkan warna tanah dan air di Indonesia. Cokelat muda pada baju menggambarkan air yang mengalir, sedangkan warna cokelat tua pada rok atau celana menggambarkan warna tanah di negara kita.

Tidak Mudah Kelihatan Kotor

Warna cokelat pada seragam Pramuka juga terinspirasi dari warna pakaian Baden Powell saat ia bertualang. Tentunya teman-teman tahu bahwa Baden Powell adalah Bapak Pramuka Sedunia. Ia sering melakukan perjalanan jauh serta pergi bertualang. Suatu saat Baden Powell masuk ke dalam lumpur dan membuat seluruh pakaiannya basah. Setelah mengering, tersisa warna cokelat di tubuhnya. Sejak saat itulah ia menetapkan warna cokelat menjadi warna seragam Pramuka. Warna cokelat adalah warna yang tidak mudah kelihatan kotor saat kita sedang bertualang, seperti yang sering dilakukan para anggota Pramuka.

Tentang pengaturan warna cokelat pada seragam Pramuka ternyata resmi tercantum dalam Bab 1 Pasal 5 Ayat b, lo. Aturan ini berisi Petunjuk Penyelenggaraan Pakaian Seragam Anggota Gerakan Pramuka.