La Maison Quichemine Tiny House, Perpustakaan Mini dari Perancis

By Petronela Putri, Jumat, 7 Juli 2017 | 07:45 WIB
Foto: mentalfloss.com (Petronela Putri)

Teman-teman pernah berkunjung ke perpustakaan? Biasanya sebuah perpustakaan menyimpan banyak koleksi buku. Begitu juga dengan perpustakaan mini dalam rumah mobil berikut ini!

Perpustakaan berjalan

Seorang bernama Jean-Jacques punya punya ide untuk membuat perpustakaan. Perpustakaan ciptaannya bukanlah berbentuk gedung besar. Perpustakaan buatan Jacques terdapat di dalam rumah mobilnya. Wow, bisa dinamakan perpustakaan berjalan! Ia menamakannya  La Maison Qui Chemin tiny house.

Walau perpustakaan ini tidak besar, namun cukup hebat, lo! Koleksi buku-buku yang ada di dalam rumah mobil ini berjumlah ribuan.  Jacques biasanya membawa rumah mobilnya ke kota-kota kecil di Perancis yang tidak memiliki perpustakaan atau jauh dari toko buku.

Merapikan buku sebelum memulai perjalanan

Setiap kali akan memulai perjalanan, Jean-Jacques selalu merapikan perpustakaan kecilnya. Perpustakaan mungil ini sering dibawa ke festival buku di berbagai belahan dunia. Jika sedang tidak ada acara apa pun, maka Jean-Jacques akan memperbolehkan siapa saja yang datang untuk membaca gratis buku-buku koleksinya.

Perpustakaan dalam rumah mini yang indah

Perpustakaan mini milik Jean-Jacques ternyata bukan sembarang perpustakaan. Di dalam rumah mininya ini, Jean-Jacques memiliki ruangan yang persis seperti rumah pada umumnya. Di sana ada tempat tidur, toilet, dapur, dan sebagainya.

Jean-Jacques juga punya ‘pojok baca’ di rumahnya. Tempat itu berupa sebuah meja tempat ia membaca buku dengan nyaman. Menurut Jean-Jacques perpustakaan tidak akan terasa nyaman jika tak ada tempat yang baik untuk membaca buku!

Ada banyak bentuk perpustakaan portable

Sebelumnya, beberapa orang di negara lainnya juga sudah membuat perpustakaan mini. Ada yang berkeliling dengan perahu dan meminjamkan buku-buku ke anak-anak di pulau terpencil. Ada pula yang meletakkan kotak berisi buku di depan rumah dan boleh dipinjam oleh siapa saja. Ide ini sekaligus menjadi hal yang baik dan menumbuhkan minat baca, teman-teman.

Teman-teman juga ingin membuat perpustakaan yang asyik? Yuk, kumpulkan buku favoritmu untuk dipinjamkan.