Kutu Rambut Bisa Menular. Benarkah?

By Yomi Hanna, Minggu, 22 Oktober 2017 | 09:35 WIB
Kenali 3 Musuh Utama Rambut! (Hanna Vivaldi)

Kutu rambut adalah serangga yang berukuran kecil yang biasanya hidup di rambut manusia. Kutu ini hidup dengan mengisap darah yang diambil dari kulit kepala. Ukuran kutu rambut bermacam-macam, ada yang sebesar kepala peniti dan ada juga yang sebesar biji wijen.

Masa Hidup Kutu Rambut

Telur kutu menetas sekitar 8-9 hari. Kutu rambut hanya membutuhkan 9-12 hari untuk tumbuh dewasa. Saat dewasa, kutu hanya dapat hidup selama empat minggu dan kemudian mati.

Tanda-tanda Terkena Kutu Rambut

Seseorang biasanya tahu bahwa dia terkena kutu rambut saat merasakan gatal-gatal di kulit kelapa, seakan-akan ada yang sedang merayap. Keadaan ini membuat penderitanya sering menggaruk kepala. Tanda lainnya adalah ruam-ruam muncul di leher bagian belakang.

Penularan Kutu Rambut

Kutu rambut hanya ada di kepala manusia dan hanya bisa tertular antara manusia. Kutu ini tidak bisa ditularkan melalui hewan atau pun sebaliknya. Ada dua cara penularan kutu rambut, yaitu secara kontak langsung dan kontak tidak langsung.

Baca juga : Kenali 3 Musuh Utama Rambut!

Penularan Secara Langsung

Kontak langsung maksudnya penularan yang terjadi ketika rambut seseorang bersentuhan dengan rambut penderita. Kutu tersebut dapat merayap dan berpindah tempat melalui rambut. Kutu rambut tidak bisa terbang atau pun melompat dari satu rambut ke rambut lainnya jika tidak bersentuhan.

Penularan Secara Tidak Langsung

Sedangkan kontak tidak langsung adalah penularan yang terjadi melalui perantara benda yang digunakan bersama. Misalnya melalui sisir, helm, topi, handuk, seprai, dan benda-benda lainnya.

Seseorang terkena kutu rambut bukan berarti rambutnya tidak bersih, ya. Kutu rambut berpindah ke mana pun dia mau. Baik ke rambut yang bersih atau pun tidak.