Valkyrie, Robot yang Diciptakan NASA Untuk Berkunjung ke Mars

By Petronela Putri, Jumat, 23 Juni 2017 | 02:30 WIB
Foto: youtube.com (Petronela Putri)

Badan antariksa milik Amerika, NASA, sudah melakukan berbagai kegiatan untuk meneliti berbagai planet yang ada di jagat raya, salah satunya Mars. Bahkan, NASA juga membuat robot untuk berkunjung ke planet merah ini!

Robot Valkyrie

Robot tersebut bernama Valkyrie, diciptakan oleh badan antariksa Amerika, NASA (National Aeronautics and Space Administration) setinggi 6 kaki atau sekitar 1.8 meter! Setelah berkali-kali melakukan penelitian tentang planet-planet yang ada di jagat raya, kali ini NASA membuat robot yang bisa digunakan untuk berkunjung ke Mars suatu hari nanti.

Robot humanoid tersebut juga telah diperagakan secara langsung dan dinilai sukses untuk berjalan maupun melewati tantangan-tantangan yang sengaja diberikan.

Dilengkapi oleh LIDAR

Robot Valkyrie milik NASA ini dilengkapi oleh teknologi LIDAR yang bisa membuatnya melihat blok-blok yang mungkin bisa menghalangi kaki mereka. Selain itu, NASA juga melengkapi Valkyrie dengan sinar yang bisa memberinya penerangan sehingga mampu memperkirakan jarak antara kaki dengan blok yang ada.

Penggagas robot humanoid Valkyrie adalah NASA’s Johnson Space Center yang berlokasi di Houston. Dan robot Valkyrie ternyata juga memiliki arti tersendiri, lo! Pihak NASA berharap, bahwa robot ini bisa bermanfaat dan memiliki semangat yang besar seperti seorang Nordik yang ingin menuju Mars atau lebih dikenal sebagai planet merah.

Dilengkapi sensor

Meski tampak seperti robot biasa dan berjalan dengan 2 kaki, tetapi robot humanoid Valkyrie ternyata memiliki ratusan sensor yang bisa mendeteksi berbagai anggota tubuhnya seperti tangan, kaki, kepala, maupun perut.

Teman-teman penasaran ingin berkenalan atau melihat robot humanoid Valkyrie secara langsung? Hihi.