Kuliner Khas Lebaran di Berbagai Negara

By Petronela Putri, Sabtu, 24 Juni 2017 | 01:00 WIB
Foto: myfirstbooking.com (Petronela Putri)

Wah, tidak terasa sudah mau lebaran nih, teman-teman. Biasanya di Indonesia ada ketupat dan opor yang menjadi makanan khas saat lebaran. Tetapi teman-teman muslim di negara lain juga memiliki makanan khas, lo!

Makanan khas saat lebaran

Yap, semua negara pasti memiliki makanan khas masing-masing. Jika di Indonesia biasanya umat muslim membuat ketupat, opor, atau kue nastar saat menjelang lebaran, maka lain halnya dengan teman-teman muslim di negara lain. Penasaran apa saja jenis makanan khas mereka?

Myanmar

Makanan khas lebaran di Myanmar bernama Sa Nwin Ma Kin. Panganan ini berupa kue yang terbuat dari gandum. Biasanya makanan ini disajikan dengan nasi biryani, mint, mangga, serta sedikit campuran cabai.

Maroko

Nah, penduduk muslim Maroko punya kuliner yang tak kalah unik. Ketika lebaran mereka akan menghidangkan Chicken Bastilla. Bentuknya bukan berupa ayam utuh atau ayam potong! Meski namanya Chicken Bastilla, tetapi panganan ini bentuknya seperti kue bundar biasa dan terbuat dari ayam dicampur lada, jahe, dan berbagai bumbu lainnya.

Biasanya bagian atas chicken bastilla ditaburi gula bubuk. Wah, teman-teman penasaran enggak bagaimana rasanya?

Bangladesh

Lain lagi di Bangladesh! Biasanya, penduduk Bangladesh memiliki makanan khas bernama Chotpoti Curry. Yap, jika kamu menyukai makanan berbahan dasar kari, makanan khas Bangladesh ini cocok untukmu. Chotpoti Curry berisi telur dan kentang, dilumuri kuah kari yang lezat.

Mesir

Negeri yang terkenal dengan sungai terpanjangnya ini memiliki makanan khas lebaran berupa kue kering berwarna putih dengan taburan bubuk gula. Kue bulat ini disebut sebagai kue Kahk. Kue ini sebenarnya sangat sederhana, isinya hanya kacang. Rasanya yang manis dan gurih membuat Kahk menjadi camilan favorit di Mesir hingga kini.

Kalau di daerah asal teman-teman biasanya ada hidangan khas apa saat lebaran?