Berkenalan dengan Oskar Fischinger yang Menjadi Tema Google Doodle Hari Ini

By Petronela Putri, Kamis, 22 Juni 2017 | 02:02 WIB
Foto: www.google.com (Petronela Putri)

Tiap kali kita membuka situs mesin pencari Google, biasanya ada tema-tema lucu atau Google Doodle yang ditayangkan per hari sesuai tema yang ada. Hari ini, temanya adalah ulang tahun Oskar Fischinger! Wah, siapa ya, beliau?

Merayakan ulang tahun ke-117

Oskar Wilhelm Fischinger atau yang lebih dikenal dengan nama Oskar Fischinger adalah seorang berkebangsaan Jerman. Beliau adalah salah satu animator abstrak, sekaligus pelukis dan pembuat film.

Oskar Fischinger lahir pada 22 Juni 1900. Karya-karyanya menjadi inspirasi bagi banyak orang. Oleh karena itu, Google membuatkan doodle khusus berupa ilustrasi abstrak untuk merayakan ulang tahun Oskar Fischinger yang ke-117!

Musik tidak hanya berupa suara

Ada satu kutipan Oskar Fischinger yang paling terkenal, dan juga ikut dimunculkan dalam Google Doodle hari ini. Jika doodle di-klik, maka kalimat tersebut akan muncul. Bunyinya kira-kira, “musik tidak hanya berupa suara. Secara visual, musik hadir dalam bentuk sendiri.”

Oskar Fischinger juga sangat dikenal karena sering membuat animasi abstrak jauh sebelum ada teknologi video dalam musik. Oskar Fischinger adalah salah satu orang yang pandai dalam bidang animasi.

Keunikan karya Oskar Fischinger

Nah, salah satu keunikan dari karya Oskar Fischinger adalah animasi yang difoto atau digambar sendiri menggunakan tangan.

Pada tahun 1936, Oskar Fischinger pindah dari Jerman ke Amerika Serikat. Di sanalah ia meneruskan berkarya dan membuatkan animasi untuk film dalam jumlah yang lebih banyak lagi. Beberapa film karyanya sempat pula terkenal dan digemari banyak orang. Sang animator hebat ini akhirnya tutup usia pada usia 66 tahun, tepatnya bulan Januari 1967.

Teman-teman ada yang ingin menjadi animator hebat seperti Oskar Fischinger?