Sangiran Park, Museum Purbakala di Jawa Tengah

By Petronela Putri, Selasa, 4 Juli 2017 | 10:07 WIB
Foto: bonvoyagejogja.com (Petronela Putri)

Museum adalah tempat menyimpan sejarah dan cerita-cerita unik berdasarkan tema tertentu. Nah, di Jawa Tengah, di daerah Sangiran, ada museum fosil. 

Salah satu museum purbakala terbesar

Sangiran terletak di Jawa Tengah, biasanya ditempuh dengan perjalanan darat dari kota Solo. Luasnya mencapai 56 kilometer persegi dan merupakan tujuan wisata yang menarik di Jawa tengah.

Daerah Sangiran adalah tempat penelitian kehidupan purbakala yang cukup besar di Asia. Jika teman-teman tertarik pada sejarah manusia purba, wisata Sangiran adalah tempat yang wajib dikunjungi!

Ditemukan sekitar tahun 1930

Pada tahun 1930, sebuah fosil ditemukan di Sangiran oleh seorang warga Belanda. Sejak itulah tempat ini menjadi menarik bagi banyak orang. Penelitian prasejarah pun dilakukan di tempat ini. Bahkan para ahli dan peneliti luar negeri tak ketinggalan datang ke desa Sangiran untuk melakukan penelitian.

Fosil yang paling terkenal di Sangiran

Ada satu fosil yang pernah ditemukan dan menjadi sangat terkenal di Sangiran. Fosil tersebut bernama Java Man Pithecantropus Erectus. Fosil ini berupa fosil rahang bawah. Sudah belasan ribu fosil yang ditemukan di Sangiran baik hewan, tumbuhan, maupun fosil manusia purba.

Merawat fosil dengan baik

Sangiran Park merawat dan sangat menjaga fosil yang mereka miliki. Fosil tersebut ditempatkan di puncak bukit sehingga pengunjung harus naik ke sana agar dapat melihatnya langsung.

Ketika berkunjung ke perbukitan tersebut, teman-teman juga bisa sekaligus menghirup udara segar...