Inilah Akibatnya Jika Makan Terlalu Kenyang

By Yomi Hanna, Senin, 6 November 2017 | 02:05 WIB
Akibat makan terlalu kenyang (Hanna Vivaldi)

Melihat makanan kesukaan disajikan di depan mata, rasanya ingin menyantapnya banyak-banyak hingga kenyang. Apakah kamu pernah mengalaminya? Kebiasaan makan terlalu banyak hingga kekenyangan ternyata dapat membahayakan kesehatan, lo, teman-teman. Apa yang terjadi jika kita kekenyangan?

1. Menimbulkan Gas di Perut

Sesungguhnya lambung kita tidak boleh diisi penuh dengan makanan. Itu karena, nantinya enzim yang ada di dalamnya tidak dapat mencerna seluruh makanan dengan baik. Akibatnya, makanan yang masuk ke usus akan salah dicerna lalu dapat menimbulkan gas. Inilah kenapa mungkin sesudah kekenyangan kita akan merasa perut menjadi kembung, diare, bahkan bisa muntah.

Baca juga : Inilah 5 Kebiasaan Makan yang Salah

2. Membuat Kita Mudah Mengantuk

Makan hingga kekenyangan merupakan pola makan yang tidak sehat. Semakin banyak makanan yang masuk, maka saluran pencernaan pun semakin bekerja keras untuk mencerna makanan tersebut. Saat organ pencernaan kita dipaksa untuk bekerja lebih keras dari yang seharusnya, itu artinya seluruh energi yang ada di dalam tubuh menjadi terserap. Setelahnya, tubuh kita akan merasa lemas dan rasanya ingin tidur terus. Rasa kantuk juga akan muncul akibat tingginya asam amino.

3. Sulit untuk Bernapas

Ketika kita makan karbohidrat terlalu banyak, maka karbondioksida yang dihasilkan dari makanan yang masuk pun akan banyak. Tubuh kita akan mengalami kelebihan karbondioksida dan kekurangan oksigen, sehingga kita pun akan kesulitan untuk bernapas.

Baca juga : 5 Negara Ini Punya Cara Makan yang Unik

4. Meningkatkan Berat Badan

Semakin banyak makanan yang dicerna oleh tubuh, maka akan menyimpan cadangan energi dalam bentuk lemak. Lemak yang tinggi di dalam tubuh dapat menyebabkan kenaikan berat badan atau obsesitas. Orang yang memiliki kelebihan berat badan ini rentan terserang berbagai macam penyakit.

Nah, itulah beberapa akibat makan kekenyangan. Jadi, jangan lupa untuk berhenti makan sebelum kenyang, ya, teman-teman!