Kenapa Lidah Terasa Gatal Setelah Memakan Nanas?

By Yomi Hanna, Selasa, 31 Oktober 2017 | 03:18 WIB
Kenapa setelah memakan nanas lidah terasa gatal? (Hanna Vivaldi)

Buah nanas memiliki rasa yang segar, kaya vitamin C, serta mempunyai manfaat sebagai antioksidan. Namun ada yang unik dari buah ini, setelah dimakan, banyak yang merasakan gatal di lidah. Kira-kira apa yang menjadi penyebabnya, ya?

Adanya Enzim Bromelain

Di dalam buah nanas terdapat enzim protease atau sering disebut dengan bromelain. Enzim tersebut dapat dengan mudah memecah protein. Ini sebabnya, terkadang buah nanas dimanfaatkan untuk membantu melunakkan daging secara alami. Nah, efek lain dari bromelain ini adalah bisa menimbulkan rasa gatal di mulut.

Baca juga : 4 Manfaat Buah Nanas Bagi Kesehatan Tubuh

Enzim ini terdapat di seluruh bagian buah nanas. Namun yang paling banyak menumpuk di bagian tengah buah. Rasa gatal yang kita alami muncul karena enzim bromelain bertemu dengan air liur yang ada di mulut kita.

Cara Mencegah Rasa Gatalnya

Jika ingin menikimati buah nanas tanpa meninggalkan rasa gatal di lidah, apakah bisa? Tentu bisa, caranya adalah dengan melumuri daging buahnya dengan garam sebelum dimakan. Cara lainnya adalah mengolah nanas dengan proses pemanasan. Ini akan membantu mencegah penyebab rasa gatal akibat enzim bromelain.