Inilah Warna-warna yang Bisa Meningkatkan Nafsu Makan

By Yomi Hanna, Selasa, 31 Oktober 2017 | 08:17 WIB
Warna-warna yang dapat meningkatkan selera makan (Ode/Majalah Bobo)

Tahukah teman-teman bahwa warna-warna yang di sekitar kita juga dapat memengaruhi nafsu makan? Ini karena saat kita melihat warna dan makanan, terdapat berbagai macam reaksi yang terjadi di dalam tubuh. Hipotalamus atau neuron yang ada di bagian otak berfungsi untuk mengatur nafsu makan hingga membuat kita akhirnya berselera. Nah, di bawah ini ada beberapa warna yang menciptakan reaksi otak terhadap selera makan kita. Yuk, kita lihat ada warna apa saja!

Merah

Sebuah jurnal ilmiah mengatakan bahwa makanan yang disajikan di atas piring merah membuat orang makan lebih sedikit. Ini karena warna merah seringkali dikaitkan dengan bahaya peringatan atau tanda berhenti. Namun, penelitian lain kebanyakan menemukan hasil yang berbeda. Warna merah justru dapat menambah dan mengaktifkan nafsu makan. Ini juga kenapa ada banyak restoran yang membuat logo, menu, taplak meja, atau pun serbetnya berwarna merah.

Baca juga : Inilah 5 Kebiasaan Makan yang Salah

Kuning

Warna ini juga dapat merangsang nafsu makan karena sering dihubungkan dengan kebahagiaan. Saat melihat warna kuning, otak kita biasa mengeluarkan lebih banyak serotonin yaitu hormon yang membuat perasaan kita menjadi lebih baik. Banyak restoran juga memajang bunga kuning di atas mejanya untuk memancing perasaan dan nafsu makan pengunjungnya.

Hijau

Makanan yang berwarna hijau identik dengan segala sesuatu yang sehat, terlepas dari apakah makanan tersebut benar-benar bergizi atau tidak. Ini membuat kita tidak takut dan terbiasa menyantap makanan-makanan hijau. Setelah ditelusuri, kebiasaan ini dipengaruhi dan turun-temurun dari nenek moyang kita. Makanan hijau sering dipandang sebagai makanan yang aman dan tidak beracun atau mematikan.

Baca : Cara Makan Unik dari Berbagai Negara!

Putih

Warna putih sering dikaitkan dengan konsumsi makanan yang berlebihan, apalagi jika dihubungkan dengan makanan ringan. Warna ini membuat kita sering lupa bahwa makanan putih itu biasanya mengandung kalori dan membuat kita ingin makan terus-menerus. 

Nah, kalau teman-teman, warna apa yang bisa membuatmu berselera untuk makan?