Berburu Harta Karun di Denmark

By Petronela Putri, Selasa, 23 Mei 2017 | 06:36 WIB
Patung raksasa (Foto: tribunnews.com) (Petronela Putri)

Seperti di negeri-negeri dongeng, seorang seniman asal Denmark membuat benda-benda tersembunyi yang harus dicari dengan peta. Benda-benda itu berupa patung raksasa yang terdapat di 6 titik di Denmark. Wuih!

Peta harta karun

Selalu ada cara untuk berkarya, salah satunya seniman asal Kopenhagen, Denmark bernama Thomas Dambo membuat sebuah karya yang unik. Ia membuat patung-patung raksasa, tetapi tidak menampilkannya secara langsung, teman-teman!

Patung-patung ini disembunyikan di beberapa tempat di Denmark, dan orang yang penasaran ingin melihatnya harus mencari patung tersebut. Cara mencarinya? Tenang, sebab Thomas Dambo sudah menyiapkan sebuah peta seperti peta pencarian harta karun, dan teman-teman hanya harus mengikuti petunjuk peta untuk bisa tiba di tempat-tempat tersembunyi tersebut.

Dan di tiap lokasi patung ada beberapa bait puisi yang sebenarnya merupakan kode untuk menuju patung di lokasi lainnya. Jadi, selain mengikuti petunjuk peta, wisatawan juga bisa berusaha menerjemahkan puisi tersebut.

Perburuan terbuka patung kayu bekas bangunan

Thomas Dambo sebagai seniman patung raksasa ini menamai kegiatan tersebut sebagai Perburuan Terbuka Harta Karun Patung. Dengan kata lain, perburuan patung-patung itu memang terbuka bagi seluruh kalangan yang penasaran dan ingin mencarinya.

Konon, beberapa titik itu adalah Vallensbaek, Ishoj, Hvidovre, Albertslund, dan lain sebagainya.

Dan yang lebih mengejutkan, patung-patung kayu ini terbuat dari bahan bangunan bekas yang didaur ulang, kemudian dipahat menjadi sebuah patung lucu berukuran besar. Meski begitu, Thomas tak sendirian, kok. Terkadang, ia meminta bantuan beberapa orang yang tinggal tak jauh dari lokasi pembuatan patung, dan mereka akan membantu dengan senang hati. Hihi.

Menumbuhkan minat wisata

Karya seni milik Thomas Dambo ini ternyata cukup diminati orang-orang dan sekaligus menjadi lahan pariwisata baru bagi Denmark khususnya Kopenhagen sendiri. Dengan adanya perburuan harta karun, pengunjung atau wisatawan bisa sekaligus berkeliling kota dan melihat hal-hal baru yang mungkin tak pernah terpikirkan sebelumnya.

Teman-teman tertarik untuk ikut mencari salah satu dari keenam patungnya? Yuk, ke Kopenhagen!