Hawaii Ternyata Punya Makanan Khas yang Mirip Dendeng, lo!

By Petronela Putri, Senin, 10 Juli 2017 | 11:08 WIB
Foto: hawaii.com (Petronela Putri)

Selain pohon, tarian, nyanyian, dan pantai, apa yang teman-teman pikirkan ketika mendengar kata Hawaii? Ternyata, negara tujuan wisata favorit dunia ini punya kuliner yang unik dan menarik. Wah, seperti apa, ya ?

Hawaii merupakan salah satu tempat tujuan wisata yang sudah terkenal sejak lama. Sebagai wisata laut dan pantai, tentu salah satu kuliner khas mereka adalah aneka seafood. Eits! Namun tidak hanya itu saja! Hawaii juga memiliki banyak jenis kuliner lain yang tak kalah menarik dan sangat khas.

Pipi Kaula, Dendeng khas Hawaii

Panganan bernama Pipi Kaula ini bentuknya memang cukup mirip dengan hidangan dendeng dari Sumatera Barat. Hanya saja, warnanya tak segelap dendeng. Pipi Kaula juga terbuat dari daging sapi yang dipotong kemudian dimasak sesuai selera. Bisa dipanggang maupun digoreng.

Salah satu hal yang membuatnya mirip dendeng adalah karena teksturnya yang agak kering. Mirip dendeng, kan?! Pipi Kaula juga disantap bersama nasi. Yummy!

Poke, fish salad dari Hawaii

Salah satu legenda yang terkenal mengenai poke adalah cerita bahwa poke dulunya dibuat oleh para nelayan. Mereka mulanya ingin membuat makanan dari daging ikan hasil tangkapan mereka. Ikan mereka potong-potong kecil, lalu diberi bumbu apa saja yang ada kala itu.

Kini, poke menjadi sangat terkenal di Hawaii. Makanan ini agak mirip sashimii, makanan Jepang. Ikan mentah berbumbu ini harus segera  disantap sesaat setelah dihidangkan untuk menjaga kualitas rasanya.

Jika dulu poke hanya menggunakan ikan tuna, kini masyarakat Hawaii mulai memanfaatkan salmon dan kerang. Untuk bumbunya, mereka biasa menggunakan minyak wijen, rumput laut, dan sebagainya.

Haupia, si kotak putih yang lezat

Kalau kepala dijadikan puding, bagaimana rasanya, ya? Nah, begitulah Haupia, salah satu makanan penutup khas  Hawaii ini! Bentuknya jauh lebih sederhana daripada pudding pada umumnya. Puding berbentuk kotak dan berwarna putih. Tertarik untuk mencobanya? Nyem nyem...