Mengapa Banteng Marah Ketika Melihat Kain Merah?

By Petronela Putri, Jumat, 1 Desember 2017 | 10:15 WIB
Mengapa Banteng Marah Ketika Melihat Kain Warna Merah? (Foto: Public Domain) (Petronela Putri)

Biasanya dalam sebuah pertunjukan, banteng akan mengamuk dan mengejar matador yang melambaikan kain merah. Namun, apa benar banteng membenci warna merah?

Banteng Sebenarnya Buta Warna

Ternyata, banteng bahkan tidak bisa membedakan warna merah dengan warna lain, sebab banteng hewan yang buta warna.

Yap! Banteng bukannya tidak suka kain merah. Sebuah penelitian membuktikan bahwa banteng mengejar benda apa pun yang bergerak di sekitarnya, baik itu kain, boneka, maupun benda lain yang dilambaikan ke arah matanya.

Menurut Penelitian, Banteng Bukan Mengejar Warna Merah, tetapi Benda yang Bergerak

Banteng tidak akan mengejar orang berpakaian merah yang sedang diam, walau berada di lapangan bersamanya. Namun, jika ada orang yang melambaikan ke arahnya benda apa saja, walau tidak merah, maka banteng akan mengejarnya.

Jadi kesimpulannya, banteng mengejar matador bukan karena kainnya berwarna merah, namun karena kain merah itu digerak-gerakkan ke arahnya. Itu sebabnya, dalam pertunjukan, matador mula-mula akan menggerakkan kain merah pelan-pelan. Lama kelamaan, gerakan akan semakin cepat, sampai membuat banteng marah. Banteng lalu mengejar sumber gerakan dan menyerangnya.

Nah, apa sebabnya matador menggunakan kain merah?

Jika warna merah sama sekali tidak mengganggu banteng,  mengapa matador selalu menggunakan kain berwarna merah di setiap pertunjukan? Salah satu alasannya adalah karena warna merah  cukup menyolok, sehingga  terlihat jelas oleh penonton di sekeliling lapangan.

Alasan lainnya, karena merah melambangkan kemarahan. Cocok dengan wajah seram sang banteng saat melihat kain tersebut.