Siapakah Pencipta Lagu 'Happy Birthday to You' yang Mendunia Ini?

By Yomi Hanna, Rabu, 1 November 2017 | 04:09 WIB
Lagu Happy Birthday to You sering dinyanyikan saat pesta ulang tahun (Hanna Vivaldi)

Di mana ada perayaan ulang tahun, lagu Happy Birthday to You sering kita dengar dinyanyikan bersama-sama dengan gembira. Bahkan, lagu ini pun sudah ada dalam berbagai bahasa di dunia. Namun, tahukah teman-teman siapa pencipta lagu populer ini?

Awalnya Lagu untuk Taman Kanak-Kanak

Lagu Happy Birthday to You diciptakan sejak 1893. Awalnya judul lagu itu adalah Good Morning to All, diciptakan oleh Mildred Hill, seorang guru Taman Kanak-Kanak (TK) di Louisville, Kentucky, Amerika Serikat. Syair lagu ini pada zaman dahulu adalah :

Good morning to you, Good morning to you, Good morning, dear children, Good morning to all.

Baca juga : Kalau Sakit, Hindari Tiup Lilin Saat Berulang Tahun

Lagu yang Paling Sering Dinyanyikan

Mildred Hill, pencipta lagu ini lahir pada 27 Juni 1859 dan bekerja sebagai guru TK, penulis lagu, dan pendiri Association For the Education of Young Children (NAEYC), sebuah asisoasi pendidikan anak usia dini di Amerika Serikat.

Lagu Good Morning to All yang diciptakan Mildred itu khusus untuk menyambut murid-murid sekolah setiap pagi, bahkan sudah diterbitkan dalam sebuah buku kumpulan lagu anak di Amerika Serikat.

Sejak saat itu, lagu Good Morning to All ini menjadi lagu yang sering dinyanyikan siswa TK untuk menyapa guru mereka setiap paginya, tapi dengan mengganti kata children-nya menjadi teacher.

Perubahan Lirik

Lagu ini pun semakin populer dan sering dinyanyikan oleh siapa saja, sehingga adik penciptanya, Patty Hill, tertarik menciptakan lagu yang bisa dinyanyikan anak-anak saat ada pesta ulang tahun. Ia pun mengubah lirik lagu Good Morning to All menjadi Happy Birthday to You. Liriknya berubah menjadi:

Happy birthday to you Happy birthday to you Happy birthday, Happy birthday Happy birthday to you