Inilah Tradisi Ramadhan di Berbagai Negara

By Petronela Putri, Jumat, 26 Mei 2017 | 07:32 WIB
Foto: candalabaswara.wordpress.com (Petronela Putri)

Wah, tidak terasa sebentar lagi kita akan memasuki bulan Ramadhan, teman-teman. Dan biasanya masyarakat di tiap negara atau daerah melakukan rutinitas tertentu ketika bulan Ramadhan tiba. Seperti apa, ya?

Potluck party di Amerika

Di tiap negara biasanya selalu ada penduduk dengan berbagai agama, termasuk umat muslim. Nah, begitu pun dengan Amerika Serikat, teman-teman. Salah satu hal yang biasanya dilakukan masyarakat muslim di Amerika ketika Ramadhan adalah dengan berkumpul dan berbuka puasa bersama di masjid.

Uniknya, mereka berbuka puasa dengan cara potluck party atau membawa makanan sendiri-sendiri, untuk kemudian dihidangkan dan dibagikan rata bagi seluruh tamu yang datang. Selain itu, biasanya sahabat dan tetangga yang non muslim juga tak ketinggalan untuk meramaikan acara ini, lo!

Berkumpul untuk berbuka bersama, diiringi tarian dan nyanyian di China

Di China ada sebuah wilayah dengan masyarakat muslim terbanyak, namanya Kashgar. Bahkan di kota Kashgar terdapat sebuah masjid tua yang didirikan tahun 1400-an. Biasanya ketika bulan Ramadhan tiba, masyarakat Kashgar akan berkumpul untuk berbuka puasa bersama.

Dulunya, bahkan di Kashgar terdapat sebuah tradisi unik, yaitu ada acara nyanyian dan tari-tarian ketika Ramadhan, meski tradisi itu pelan-pelan tidak dilakukan lagi, bahkan hingga hari ini. Kini, kegiatan tersebut digantikan oleh tayangan Ramadhan di televisi lokal.

Menghias mata di India

Lain lagi dengan penduduk muslim di India, teman-teman. Ketika Ramadhan tiba di sini, para pria dewasa di India biasanya mulai menghias mata dengan sebuah benda bernama kohl, atau semacam celak mata.

Selain itu, masyarakat India juga melakukan beberapa kegiatan rutin lainnya untuk membersihkan diri mereka saat bulan Ramadhan, serta menyiapkan makanan-makanan manis untuk menu berbuka puasa. Nah, ketika menjelang Idul Fitri, biasanya rumah-rumah di India akan dibersihkan.

Itulah beberapa tradisi unik negara lain saat bulan Ramadhan, teman-teman. Kalau di daerah asalmu, ada tradisi tersendiri?