Ada Sumur Raksasa di Indonesia!

By Petronela Putri, Kamis, 13 Juli 2017 | 07:45 WIB
Foto: indonesiakaya.com (Petronela Putri)

Jika mendengar kata sumur, teman-teman tentu membayangkan sebuah tempat penampungan air di halaman belakang rumah. Namun di Sulawesi Tengah, ada sebuah sumur raksasa, lo!

Memiliki diameter hingga 10 meter

Biasanya ukuran sebuah sumur tidak terlalu besar. Diameternya hanya sekitar 1 - 1,5 meter. Bahkan ada yang lebih kecil dari 1 meter. Namun, di Dusun Simbe, Limboro, Sulawesi Tengah, ada sebuah sumur berukuran sangat besar. Diameter mencapai 10 meter.

Menjadi objek wisata favorit masyarakat Sulawesi Tenggara

Ternyata sumur raksasa di Desa Simbe ini bukanlah sembarang sumur. Sumur ini adalah sebuah keajaiban alam yang unik. Masyarakat sekitar menyebutnya Pusentasi –yang artinya pusat laut. Kedalaman airnya hanya sekitar 5 meter, dan sangat dipengaruhi oleh air laut.

Karena keunikannya, sumur raksasa tersebut menjadi salah satu objek wisata yang diminati masyarakat sekitar. Biasanya mereka datang untuk mandi dan berenang di sumur raksasa yang berair sangat jernih. Anehnya, walau sumur ini sering digunakan masyarakat setempat, air sumur ini tetap berwarna biru, jernih. Tidak tampak keruh samsekali!

Terhubung dengan pantai

Air sumur ini sangat dipengaruhi keadaan air laut. Mengapa? Karena ada salah satu bagian sumur ini yang memang benar-benar terhubung dengan lautan lepas. Bahkan ketika berenang pun, kita bisa melihat ikan-ikan kecil di dalam air. Terbayang kan betapa cantiknya sumur ajaib raksasa ini?

Nah, setelah puas berenang, para wisatawan yang datang ke sini bisa melanjutkan perjalanan. Tak jauh dari lokasi sumur ini, terdapat Pantai Donggala. Pantai ini sangat indah karena  masih bersih dan berpasir putih.

Yuk, jalan-jalan ke Sulawesi Tengah!