Salah Satu Tokoh Star Wars Ternyata Terinspirasi dari Hewan Ini!

By Petronela Putri, Kamis, 13 Juli 2017 | 08:17 WIB
Foto: sideshowtoy.com (Petronela Putri)

Pernah nonton Star Wars, teman-teman? Jika ya, pasti teman-teman tahu tokoh bernama Yoda. Tokoh unik ini ternyata terinspirasi dari seekor hewan asal Sulawesi, lo! Namanya tarsius.

Memiliki beberapa spesies

Baru-baru ini, para peneliti mulai menemukan dua spesies baru dari tarsius. Kedua spesies baru tersebut diberi nama tarsius supriatnai dan tarsius spectrumgurskyae. Para peneliti berharap, dengan ditemukannya primata baru ini, masyarakat akan lebih memerhatikan dan melestarikan tempat tinggal atau habitat tarsius.

Ciri fisik

Tarsius memiliki tubuh yang kecil, sementara bola matanya berukuran cukup besar. Ukuran tubuh seekor tarsius biasanya sekitar 10 hingga 15 sentimeter. Panjang ekornya bisa mencapai 25 sentimeter!

Hewan imut ini memiliki cakar dengan jari-jari yang panjang. Biasanya warna tubuh tarsius adalah kombinasi warna cokelat dan abu-abu.

Indonesia adalah 3 besar negara yang memiliki kekayaan jenis primata

Indonesia adalah salah satu negara yang memiliki banyak jenis primata selain negara Brazil dan Madagaskar. Pulau Sulawesi adalah salah satu bagian dari Indonesia yang memiliki beberapa spesies primata asli.

Merupakan inspirasi untuk tokoh Yoda di film Star Wars

Nah, konon, hewan unik inilah yang kemudian menjadi inspirasi terciptanya  tokoh Yoda dalam film Star Wars. Yoda adalah pelatih para Jedi atau tokoh utama Star Wars. Ia sering dikenal dengan nama Grand Jedi Master Yoda.

Secara umum, Yoda memang memiliki ciri fisik yang cukup mirip tarsius; bermata besar, perawakan badan kecil, dan bertelinga panjang.

Bagaimana menurut teman-teman? Apakah Yoda mirip tarsius?