Selain Bulan, Ada 12 Ribu Satelit Buatan Mengelilingi Bumi

By Petronela Putri, Kamis, 25 Mei 2017 | 00:09 WIB
Foto: deebacalah.blogspot.com (Petronela Putri)

Mungkin selama ini sebagian orang hanya tahu bahwa satelit dari bumi adalah bulan. Meski sebenarnya ada banyak sekali satelit buatan yang juga ikut mengelilingi bumi, bahkan jumlahnya ada ribuan!

Bumi hanya memiliki 1 satelit alami

Meski ada banyak sekali satelit yang mengelilinginya, tetapi satelit alami bumi hanya 1, yaitu bulan. Tetapi, manusia kemudian meneliti hal ini dan mengembangkan satelit-satelit buatan untuk diluncurkan.

Uniknya, negara yang pertama kali berhasil membuat dan meluncurkan satelit buatan ini bukanlah Amerika –melainkan Uni Soviet, yaitu pada tahun 1957. Satelit buatan tertua itu dinamakan Sputnik.

Amerika dan negara lainnya juga membuat satelit

Kemudian, barulah Amerika berhasil meluncurkan satelit mereka yang bernama Explorer 1. Sebab, selain Amerika, ternyata Uni Soviet juga terkenal akan penelitian-penelitian dan pengembangan teknologi luar angkasanya, lo!

Hingga kemudian beberapa negara besar lainnya mulai mengikuti jejak keduanya dalam membuat satelit sendiri. Beberapa negara ini di antaranya Rusia dan China.

Jumlah satelit ada banyak, mencapai ribuan

Konon, ada 12.000 satelit di luar angkasa sana, lo, teman-teman. Meski tidak semuanya berfungsi normal lagi. Ribuan di antaranya juga sudah tidak aktif bekerja.

Tujuan manusia membuat satelit sebenarnya untuk mengamati keadaan di luar angkasa, dan banyak juga yang digunakan untuk kepentingan kenegaraan, misalnya untuk militer.

Ke mana perginya satelit yang tidak aktif?

Biasanya satelit menjadi tidak aktif lagi bekerja karena memang masa aktifnya yang sudah habis, atau gagal dalam sebuah percobaan peluncuran sehingga tidak bisa berumur panjang. Sebaliknya, sepanjang apa pun umur sebuah satelit buatan, pada akhirnya akan mati dan tidak aktif lagi.