Napas Naga, Cabai Paling Pedas di Dunia!

By Petronela Putri, Sabtu, 15 Juli 2017 | 05:59 WIB
Foto: tribunnews.com (Petronela Putri)

Cabai memang terkenal sebagai tanaman yang rasanya pedas. Namun tahukah kamu, cabai jenis apa yang terpedas di dunia?

Terasa pedas seperti terbakar

Ada tanaman cabai yang baru-baru ini dijuluki sebagai cabai terpedas dan terpanas di dunia. Namanya Dragon’s Breath atau Napas Naga. Cabai jenis Napas Naga ini tidak tampak menyeramkan. Ukurannya kecil, sama seperti beberapa cabai pada umumnya. Namun jangan salah, lo, teman-teman. Cabai Napas Naga bisa membuat kamu kepedasan setengah mati!

Saking pedasnya, Napas Naga konon dapat menyumbat saluran pernapasan manusia, susah bernapas, bahkan bisa mengakibatkan meninggal dunia. Wah…

Tidak untuk dimakan langsung

Cabai biasanya digunakan sebagai bahan tambahan pada makanan agar terasa lebih pedas. Namun, Mike Smith malah melarang orang memakan cabai Napas Naga ini. Mike Smith adalah orang yang melestarikan tanaman cabai jenis Napas Naga.

Tanaman Napas Naga ini hanya dianjurkan untuk menjadi campuran obat bius atau penghilang rasa sakit. Kandungan dalam cabai Napas Naga dinilai bisa mematikan rasa pada kulit. Fungsinya kira-kira sama seperti obat bius pada umumnya yang dipakai di rumah sakit.

Tingkat kepedasan napas naga

Teman-teman penasaran seberapa pedasnya cabai Napas Naga? Kepedasan cabai ini konon mencapai 2.480.000 skala Scoville. Scoville adalah skala panas. Sebelum Napas Naga ditemukan oleh Mike Smith, ada jenis cabai lain yang menempati rekor sebagai cabai terpanas di dunia, yaitu Carolina Reapere. Skala Scoville-nya mencapai 2.200.000!