Gasing, Permainan Tradisional Indonesia yang Akan Dipamerkan di London!

By Petronela Putri, Sabtu, 15 Juli 2017 | 04:40 WIB
Foto: visitbelakangpadang.wordpress.com (Petronela Putri)

Siapa, sih, yang tidak mengenal gasing? Permainan ini merupakan salah satu permainan tradisional Indonesia. Bahkan hebatnya, berbagai gasing asal Indonesia akan dipamerkan di London bulan Juli ini!

Permainan tradisional yang terkenal ke seluruh pelosok Nusantara

Gasing merupakan salah satu permainan yang dikenal hampir ke seluruh pelosok Nusantara. Meski Indonesia terdiri atas banyak etnis, tetapi berbagai macam suku bangsa ini memiliki permainan gasingnya sendiri.

Permainan gasing dapat dimainkan oleh seluruh kalangan –baik anak kecil hingga orang dewasa. Biasanya gasing dimainkan di halaman rumah –tepatnya di atas lantai yang keras. Gasing biasanya terbuat dari kayu berbentuk bulat dan memiliki tali. Dapat dimainkan sendiri maupun berkelompok.

Memiliki nama yang berbeda-beda di tiap daerah

Belum ada tulisan yang jelas mengenai penyebaran gasing di Indonesia. Gasing diketahui sudah ada sejak zaman kolonial Belanda dan menjadi salah satu permainan favorit rakyat pada zaman dulu.

Suku-suka yang tersebar di berbagai pulau di Indonesia, memberikan nama atau istilah yang berbeda-beda untuk gasing. Di Jakarta dan sekitarnya, permainan ini disebut gasing. Di Kalimantan Timur, dikenal dengan nama ‘begasing’. Masyarakat Maluku menyebutnya ‘apiong’. Di Sulawesi Utara disebut 'piong'.

Di tiap daerah, bentuk gasing pun tidak persis sama. Hanya saja, cara permainannya kurang lebih sama.

Akan dipamerkan di Indonesia Weekend, London

Berbagai jenis gasing tradisional dari negara kita ini, akan dipamerkan di acara Indonesia Weekend di London, Inggris. Diperkirakan sekitar 40 gasing akan diboyong ke London dan dipamerkan di sana pada akhir Juli 2017 ini. Keren, ya!