Tips Akur dengan Adik dan Kakak di Rumah

By Petronela Putri, Selasa, 18 Juli 2017 | 12:13 WIB
Foto: sheknows.com (Petronela Putri)

Punya saudara seperti adik atau kakak tentu menyenangkan. Sebab, selain bisa menjadi teman main di rumah, kita takkan merasa sepi karena selalu bertemu setiap hari dengan mereka. Terus, bagaimana, ya, caranya agar selalu akur dengan saudara?

Cari Kegiatan Seru untuk Dilakukan Bersama

Karena kita dan kakak atau adik tinggal satu rumah, kita lebih sering bertemu dan berkumpul bersama dibandingkan dengan teman-teman lain. Salah satu cara ampuh untuk menjaga kebersamaan tersebut adalah dengan melakukan kegiatan bersama.

Jika sedang tidak ada PR dari sekolah, kita bisa mengajak kakak atau adik bermain atau mencoba membuat kreasi sederhana. Kreasi itu bisa kita buat dari benda-benda yang tak terpakai di rumah. Selain itu, kita juga bisa merekam video lucu untuk mengabadikan momen kekompakan dengan sodara. O iya, nonton film bersama juga mengasyikkan, lo!

Jangan Malu Minta Maaf

Kakak dan adik memang tidak selalu akur, teman-teman. Karena itu, kita juga perlu memahami saudara kita. Jika kita bertengkar karena suatu hal dan kita merasa salah, jangan malu untuk minta maaf.

Adik kecil pun tidak selalu menyenangkan, ada kalanya mereka terasa menyebalkan. Tapi, cobalah untuk mengalah jika adik sedang kesal. Bukan tidak mungkin hal tersebut akan membuat kita menjadi kembali akur dan makin akrab. Hihi.

Biasakan Mengucapkan Terima Kasih

Hal ini sebenarnya berlaku kepada siapa saja, tak terbatas hanya kakak, adik, dan orangtua di rumah. Jika kita diberi bantuan atau baru saja meminta tolong sesuatu, ucapkan terima kasih atas bantuan tersebut. Hal ini akan membuat mereka merasa senang dan tidak akan sungkan membantu kita lagi lain kali.