Inilah Restoran Unik di Dunia, Mulai dari Gedung Terbalik Hingga Rumah Pohon!

By Petronela Putri, Rabu, 19 Juli 2017 | 07:21 WIB
Foto: archdaily.com (Petronela Putri)

Ketika akhir pekan tiba, kegiatan apa yang Teman-teman lakukan? Makan bersama keluarga di restoran juga salah satu hal seru, lo! Apalagi jika ada restoran unik seperti berikut ini.

Gedung putih terbalik

Gedung Putih atau yang dikenal juga sebagai White House merupakan julukan untuk rumah dinas bagi presiden Amerika Serikat. Di Georgia, Eropa Timur, ada sebuah restoran yang mengambil konsep White House juga, lo! Tetapi, uniknya gedung putih yang dibuat restoran ini posisinya terbalik. Wah!

Restoran unik itu diberi nama White Restaurant dan mulai dibuka pada 2011. White Restaurant menjadi destinasi favorit wisatawan dan warga setempat karena bentuk gedungnya yang memang menarik. Menu yang disediakan tentu saja menu khas Georgia.

Restoran gelap di Beijing

Biasanya restoran memiliki lampu terang benderang, tetapi di salah satu restoran unik di Beijing, China, tidak ada penerangan sama sekali. Restoran ini memiliki tema ‘gelap’ dan tamu tidak diperbolehkan membawa senter, ponsel, atau alat bantu lainnya.

Ketika akan masuk, pelayan restoran gelap ini akan menuntun para tamu, tetapi ketika makan, tamu hanya boleh menikmati rasa atau aroma makanannya saja. Mereka ingin agar para tamu dapat menikmati makanan yang disajikan meski tanpa melihat makanan tersebut.

Yellow Tree House, restoran ala rumah pohon

Siapa yang punya impian membuat rumah pohon sendiri? Nah, restoran bernama Yellow Tree House ini seakan mewujudkannya. Restoran yang bertempat di Selandia Baru ini punya konsep serupa rumah pohon sungguhan dan pembangunannya diselesaikan dalam waktu 2 bulan saja.

Ketika makan di dalam Yellow Tree House, tamu seolah-olah sedang berada di dalam sebuah rumah pohon. Keren banget!

Fortezza Medicea Restaurant yang bertema penjara di Italia

Penjara identik dengan tempat dihukumnya para penjahat, tetapi di Italia ada restoran yang menggunakan tema penjara, lo! Tamu akan duduk di dalam ruangan yang diberi sekat seperti sel penjara sungguhan. Uniknya lagi, menu restoran sangat terbatas dan tamu dipersilakan makan menggunakan peralatan makan dari plastik.

Di Indonesia, sudah ada beberapa restoran bertema serupa. Misalnya Bong Kopitown di Kelapa Gading, Jakarta Utara. Tertarik mencoba, Teman-teman?