Wow, Ternyata Indonesia Juga Punya Kanguru!

By Petronela Putri, Rabu, 24 Mei 2017 | 08:05 WIB
Foto: faunague.blogspot.com (Petronela Putri)

Mungkin selama ini teman-teman mengira kanguru hanya ada di Australia, atau memang asli dari Australia. Tetapi, ternyata negara kita juga punya jenis kanguru sendiri, lo. Namanya Kangguru Pohon.

Tak kalah lucu dari kanguru versi Australia

Kanguru ala Indonesia ini terdapat di Papua, namanya kanguru pohon dan dikenal juga dengan nama latin Dendrogalus Mayri. Nah, apakah kedua kanguru ini sama? Ternyata tidak, lo, teman-teman.

Meski sama-sama berjenis kanguru, tetapi hewan asal Australia ini memiliki sedikit perbedaan dengan versi Indonesia. Kanguru asal Papua tubuhnya lebih mungil dibanding kanguru Australia, sehingga membuat hewan ini tampak lucu.

Lebih suka berada di atas pohon

Sesuai namanya, kanguru pohon lebih suka berada di atas sebuah pohon. Karena ekor mereka panjang dan berat, sehingga kanguru lucu ini kurang suka berlama-lama di atas tanah. Jika di pepohonan, mereka akan bergerak lincah.

Sebab, ternyata ekor panjang dan berat itu adalah sebuah penyeimbang bagi tubuh kanguru Papua ketika melompat dari satu pohon ke pohon yang lain.

Ciri fisik

Karena tubuhnya kecil, maka kanguru pohon memiliki kaki yang lebih pendek dari kanguru pada umumnya yang hidup di Australia. Selain itu cakarnya juga lebih panjang karena digunakan untuk menyentuh bagian-bagian pohon ketika bergerak. Dan jangan sepelekan kecepatan gerak kanguru imut ini, teman-teman. Sebab mereka bisa melompat hingga 9 meter, lo! Wuih!

Berat tubuh kanguru pohon berkisar antara 6 hingga 12 kilogram. Mereka juga sangat suka menjilati tubuh seperti kucing, tujuannya adalah untuk menjaga suhu tubuh. Selain itu, hewan ini memiliki bentuk gigi kecil-kecil dan terbiasa dengan makanan yang ada di sekitar habitatnya seperti bunga, buah, daun, dan sebagainya.

Masa hidup yang cukup panjang

Kanguru pohon ini juga ternyata memiliki masa hidup panjang meski tubuhnya imut. Seekor kanguru pohon konon bisa hidup hingga 20 tahun. Penasaran ingin menjumpai kanguru ini secara langsung, teman-teman?