Di Lombok Ada Air Terjun Laut. Apa Itu Air Terjun Laut?

By Aisha Safira, Jumat, 9 Juni 2017 | 03:10 WIB
Ternyata air terjun juga ada di laut lo! Foto: superadventure.co.id (Aisha Safira)

Salah satu pantai di Lombok memiliki  air terjun laut. Tahukah kamu apa itu air terjun laut?

Lombok, Nusa Tenggara Barat terkenal dengan keindahan pantainya. Dua daerah yang keindahan pantainya dikenal adalah Senggigi dan Gili Trawangan. Tapi tak cuma kedua tempat itu saja lo yang indah pantai dan lautnya. Ada juga Pantai Nambung yang terletak di Dusun Pengantap, Desa Buwun Mas, Kecamatan Sekotong, Lombok Barat, NTB. Di Pantai Nambung ini ada wisata yang istimewa lo.

Air terjun laut

Pantai Nambung mempunyai pemandangan hamparan pasir dan pantai yang indah. Tapi tak hanya itu saja. Di ujung Pantai Nambung ada sebuah tebing yang tingginya sekitar 10 meter. Jika ingin ke sana, pengunjung dapat berjalan kaki atau menyewa perahu. Di sinilah adanya air terjun laut. Apa itu air terjun laut?

Air terjun laut ini terjadi karena ada ombak besar yang menghantam sebuah tebing. Ombak tersebut akan menghasilkan aliran air yang turun seperti air terjun. Tapi air terjun ini tidak muncul setiap saat lo. Biasanya, air terjun laut ini muncul hanya saat ombak sedang pasang di pagi hari. Kalau ombak sudah surut, fenomena air terjun laut ini tidak akan terlihat lagi.

Harus hati-hati

Para wisatawan maupun turis biasanya datang ke sini dan mengambil foto. Tapi harus hati-hati ya. Jangan terlalu dekat dengan air terjun laut ini. Sebabnya, aliran air yang turun dari atas tebing sangat deras. Oleh karena itu, tidak dianjurkan untuk mengambil foto tepat di bawah air terjun. Ambilah jarak aman jika ingin mengambil foto. Siapa yang ingin melihat air terjun laut ini?