Ada Perpustakaan Mini di Atas Becak!

By Petronela Putri, Jumat, 21 Juli 2017 | 09:57 WIB
Foto: kompas.com (Petronela Putri)

Siapa yang suka membaca buku? Jika biasanya Teman-teman bisa mendapatkan buku di toko buku atau perpustakaan, kali ini ada yang menyediakan buku di atas becak! Wah, bagaimana, ya, kisahnya?

Bapak Becak yang Peduli Literasi

Seorang Bapak pengendara becak asal Yogyakarta, Pak Sutopo, menyukai buku dan sangat peduli pada perkembangan literasi. Literasi merupakan kegiatan mengumpulkan informasi melalui membaca dan menulis. Untuk membantu perkembangan literasi itu lah, Pak Sutopo meletakkan beberapa buku di atas becaknya, sehingga para penumpang bisa membaca buku di perjalanan.

Pak Sutopo mengatakan, bahwa beliau hobi membaca sejak kecil. Pak Sutopo juga ingin anak muda merasakan manfaat dari hobi membaca tersebut. 

Berapa Jumlah Buku di Atas Becak Pak Sutopo?

Meski jumlah buku yang disediakan di atas becak Pak Sutopo hanya sekitar 20 buku, tetapi gerakan kecil ini patut diacungi jempol, lo, Teman-teman. Penumpang-penumpang becak Pak Sutopo kini bisa menikmati bacaan selama berada di perjalanan menuju tempat tujuan mereka.

Padahal, awalnya jumlah buku di becak Pak Sutopo hanya sedikit dan tidak sampai 20 buku. Lama-lama, koleksi buku Pak Sutopo semakin bertambah, sehingga Pak Sutopo harus mengakali bagaimana caranya agar buku tersebut bisa muat di atas becak. Akhirnya, beliau memutuskan untuk membuat rak buku kecil di becak.

Selain itu, buku tersebut memang milik Pak Sutopo sendiri dan sengaja dibeli untuk diletakkan di becak. Namun, sebagian buku memang merupakan sumbangan dari penumpang yang turut peduli pada gerakan Pak Sutopo.

Selain Dibaca Penumpang, Kadang Dibaca Teman

Ternyata tak hanya penumpang becak Pak Sutopo yang menyukai kegiatan ini. Teman-teman sesama pengendara becak pun ikut melahap bacaan-bacaan tersebut ketika punya waktu senggang. Bahkan Pak Sutopo sendiri masih suka membaca beberapa buku yang dibawanya di atas becak.

Wah, keren banget, ya, aksi Pak Sutopo ini! Di beberapa kota, sudah ada juga berbagai gerakan literasi yang sejenis, lo! Termasuk perpustakaan jalanan yang biasa ada di taman kota, atau mobil buku.

Semoga dengan terus berkembangnya kegiatan-kegiatan bermanfaat, minat baca di negara kita bisa semakin tumbuh, ya, Teman-teman!