Samosa, Camilan Renyah Asal Asia Tengah

By Petronela Putri, Jumat, 21 Juli 2017 | 09:07 WIB
Foto: archanaskitchen.com (Petronela Putri)

Teman-teman pernah mendengar makanan bernama samosa? Camilan renyah ini sudah muncul sebelum abad ke-10 di Asia Tengah, lo. Kini, samosa tersebar di berbagai negara.

Samosa berasal dari bahasa Hindi, yaitu samusa dan bahasa Persia yaitu sanbosag. Tak hanya kedua bahasa ini saja, samosa sebenarnya memiliki banyak nama di wilayah yang berbeda-beda.

Tetapi, secara umum, samosa adalah salah satu jenis makanan ringan berbentuk segitiga yang diisi kentang. Isian lain yang bisa dicampurkan ke dalam samosa adalah daging ayam, sapi, bawang Bombay, keju, dan sebagainya. Samosa dimasak dengan cara digoreng.

Berasal dari Asia Tengah

Konon, samosa sudah ada di Asia Tengah sebelum abad ke-10. Empat abad kemudian penyebarannya meluas ke India. Kini, Samosa juga menjadi makanan populer di Malaysia, Singapura, dan Arab.

Dulunya, samosa merupakan makanan favorit pangeran dan bangsawan di Kesultanan Delhi sekitar tahun 1.300. Samosa untuk para pangeran ini terbuat dari daging, bawang bombay, dan juga menggunakan minyak samin.

Samosa untuk Vegetarian

Tak melulu daging, samosa juga dikreasikan untuk para vegetarian atau orang yang tidak makan daging. Di India, samosa vegetarian terbuat dari kentang, rempah, tepung, dan kadang diisi ikan. Setelah dimasak, samosa bisa dinikmati dengan berbagai macam saus sesuai selera.

Ukuran dan bentuk samosa juga tidak selalu sama, Teman-teman. Semuanya tergantung kepada para pembuatnya. Tetapi, sebagian besar orang membentuk samosa seperti segitiga.