Pisang Emas, Pisang Jenis Baru yang Kaya Vitamin

By Petronela Putri, Jumat, 21 Juli 2017 | 12:21 WIB
Foto: tribunnews.com (Petronela Putri)

Sekelompok peneliti asal Queensland University of Technology, Australia, baru-baru ini menemukan jenis pisang unik. Kabarnya, pisang ini kaya akan vitamin serta bisa menyelamatkan nyawa manusia!

Pisang Emas Penyelamat

Pisang ini dinamakan pisang emas. Sesuai dengan namanya, pisang ini berwarna kuning emas. Penemuan ini berawal dari sebuah proyek yang bertujuan meningkatkan gizi masyarakat Uganda.

Banyak anak di Uganda yang kekurangan vitamin A. Kekurangan vitamin A ini membuat mereka mengalami kebutaan, bahkan meninggal dunia.

Penelitian yang dilakukan di  Australia ini, didanai oleh Bill & Melinda Gates Foundation. Ini dilakukan sebagai bentuk kepedulian mereka pada kesehatan anak-anak di Uganda. Di sana, pisang merupakan salah satu makanan pokok. Dengan adanya pisang emas yang kaya vitamin A, diharapkan dapat mengurangi jumlah kematian dan kebutaan pada anak-anak di lingkungan tersebut.

Dana sebanyak USD 10.000.000 atau sekitar 130 miliar rupiah dikeluarkan oleh Bill & Melinda Gates Foundation untuk terus mengembangkan jenis pisang emas. Mereka pun bercita-cita agar petani Uganda dapat mulai menanam pisang tersebut dalam beberapa tahun ke depan.

Menggabungkan Gen Pisang Papua Nugini dengan Pisang Cavendish

Profesor Dale, pemimpin penelitian ini, mengatakan mulanya mereka ingin mengambil kekayaan vitamin A pada pisang asal Papua Nugini. Tetapi, pisang di Papua Nugini hanya memiliki tandan yang kecil. Jadi, para peneliti mencoba memasukkan gen pisang dari Papua Nugini ke pisang Cavendish untuk menghasilkan pisang jenis baru.

Pisang emas berbentuk kurang lebih sama dengan pisang pada umumnya. Kecuali warnanya yang keemasan. Wuih, tertarik mencicipi pisang emas ini, Teman-teman?